Hindari Cyber Bullying! Inilah 4 Dampak Bullying Di Sosial Media

oleh -526 views

 

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bullying adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti, bisa dalam bentuk verbal maupun fisik. Membully berasal dari kelompok yang merasa lebih kuat dari korban yang lemah, tindakan ini biasanya dilakukan berulang-ulang dengan tujuan untuk membuat korban menderita. Bullying yang sering terjadi yaitu membully korban secara langsung dan terang-terangan, seperti memukul, menampar, ataupun mengolok-olok. Namun, bullying juga bisa dilakukan melalui internet dan dunia maya, biasa disebut cyber bullying. Cyber bullying yaitu kejadian dimana anak-anak atau remaja diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan di media sosial. (gewen)

1. Sulit Bergaul

Takut untuk bertemu dengan orang baru. Source cipir.com
Takut untuk bertemu dengan orang baru. Source cipir.com

Dalam lingkungan pertemanan kita akan menjumpai tipe orang yang berbeda-beda, mulai dari yang pendiam, friendly, sampai mereka yang sulit bergaul dan tertutup. Biasanya orang yang menjadi korban bully akan menjadi lebih pendiam dan pemurung dari biasanya, karena ia masih takut dengan trauma masa lalu.

Baca Juga: Pergantian Jitu Luis Milla yang Mengantar Indonesia ke Semifinal

2. Nilai Pelajaran Turun

Penurunan nilai pada pelajaran di sekolah. Source pendidikan.com
Penurunan nilai pada pelajaran di sekolah. Source pendidikan.com

Korban bullying merasa masuk sekolah hanya akan membuatnya sakit hati, karena pembully-an dari teman-temannya. Kondisi ini dapat membuat aktivitas makan, tidur, belajar, olahraga hingga sekolah bisa terpengaruhi. Hal ini bisa terjadi karena bullying bisa membuat orang menjadi setres, hingga kehilangan semangat diri untuk belajar.

3. Depresi

Bullying termasuk tindakan yang menyebabkan depresi. Source doktersehat.com
Bullying termasuk tindakan yang menyebabkan depresi. Source doktersehat.com

Depresi adalah suatu gangguan mental yang sering dialami penduduk seluruh dunia, penyebab depresi cukup beragam antara satu orang dengan orang lain. Biasanya bullying dapat membuat korbannya menjadi depresi, efeknya bisa berakibat fatal seperti perasaan ingin bunuh diri.

4. Bunuh Diri

Ilustri bunuh diri seseorang yang menjadi korban bully. Source elshinta.com
Ilustri bunuh diri seseorang yang menjadi korban bully. Source elshinta.com

Akibat bully bisa bermacam-macam, yang paling parahnya dapat mengakibatkan bunuh diri. Remaja yang mendapatkan bullying lebih mungkin mengalami kecemasan, depresi, dan mempertimbangkan melukai diri sendiri dan bunuh diri di kemudian hari.

2 thoughts on “Hindari Cyber Bullying! Inilah 4 Dampak Bullying Di Sosial Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.