,

Atasi Dan Kenali Depresi Dengan Cara Berikut !

oleh -346 views
pentingnya mengenali gejala depresi sejak dini. Source: Dnevniavaz.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Maraknya berita mengenai bunuh diri akibat tekanan mental atau depresi, menunjukan betapa pentingnya pengaruh kesehatan jiwa terhadap kehidupan seseorang. Sama halnya dengan keadaan fisik, perlu kita ketahui bahwa mental juga sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup kita.

Untuk gejala depresi sendiri masih banyak dari kita yang belum mengetahui tanda-tandanya sehingga banyak yang terlambat mencegahnya dan larut ke dalam depresi tersebut. Maka dari itu cobalah untuk mengenalinya dan melakukan pencegahan serta melakukan penanganan. (bambang)

Menurut DSM 5 (diagnostic statistical manual for mental disorder), gejala depresi yang biasa dialami ditunjukan oleh beberapa hal berikut :

1. Mudah Tersinggung

Biasanya gejala yang sering dirasakan adalah mudah tersinggungnya seseorang, bahkan dalam hal sepele sekalipun orang yang mengidap depresi bisa langsung tersinggung dan bisa diambil ke hati.

2. Minat yang Menurun dan Sulit Menikmati Keseharian

Orang yang mengalami tekanan mental biasanya memiliki minat yang kurang dalam hidupnya. Seperti tidak adanya keinginan untuk melakukan sesuatu karena kurangnya motivasi. Dan biasanya akan sulit bagi mereka menikmati kesehariannya, seperti selalu ada beban yang menimpanya.

3. Kosentrasi yang Menurun dan Sulit Membuat Keputusan

Memiliki konsentrasi yang baik merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan seseorang dalam melakukan suatu kegiatan. Tetapi bagaimana jadinya jika konsentrasi menurun dan menjadikan kita tidak fokus. Seperti yang dialami orang yang memiliki tekanan mental, biasanya mereka akan kehilangan fokusnya dalam mengerjakan sesuatu sehingga terkadang sulit menentukan suatu pilihan.

4. Insomnia (sulit tidur) atau Hypersomnia (terlalu banyak tidur)

Orang yang mengalami depresi biasanya memiliki kecemasan yang berlebihan, sehingga selalu memikirkan hal-hal yang terkadang tidak harus dipikirkan. Dan bisa membuat pengidapnya kesulitan untuk tidur dengan tenang. Selain kesulitan tidur ada juga yang berdampak kepada kebiasaan banyak tidur, karena tidak adanya gairah untuk hidup.

5. Berat Badan Berubah

Pola makan yang tidak teratur tentunya dapat membuat kita mudah sakit, seperti halnya orang yang mengidap tekanan batin, mereka tidakĀ  bisa mengatur pola pikir mereka sehingga berpengaruh pada pola makan mereka juga, yang menyebabkan berat badan berubah dengan tiba-tiba.

6. Selalu Berfikir Tentang Kematian atau Bunuh Diri

Pola pikir ini sangatlah berbahaya bagi orang yang mengalami depresi. disaat mereka sudah merasa tidak ada gunanya hidup dalam kegelisahan dan kesedihan, tidak sedikit orang yang akan berpikiran untuk mengakhiri hidupnya. ini adalah tanda-tanda yang sudah fatal dan harus segera di tangani.

Semua gejala depresi diatas sangat mengganggu orang yang mengalaminya, baik dalam kehidupan sehari – hari seperti di sekolah, lingkungan sosial, dan keluarga maupun bagi kehidupannya sendiri. Ketika gejala itu muncul pada diri seseorang, sebaiknya bergegaslah berkonsultasi kepada psikiater atau psikolog atau orang yang ahli dalam bidang kejiwaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.