Jenis-jenis Sepeda untuk Kamu yang Ingin Memulai Hobi Bersepeda

oleh -686 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Sepeda merupakan salah satu alat transportasi ramah lingkungan karena tidak mengandung polusi udara dan praktis untuk digunakan sehari hari. Tidak hanya digunakan untuk berpergian kesuatu tempat, sepeda juga dapat dijadikan sebagai aktivitas olahraga bagi sobat yang ingin memulai olahraga dengan sedikit berjalan-jalan kesuatu tempat. Tetapi  sebelum sobat untuk bersepeda, kenali terlebih dahulu jenis-jenis sepeda yang cocok untuk digunakan sobat bersepeda. (farhan)

BMX (Bicycle Moto Cross)

Ebay

Bagi sobat yang masa kecilnya sering bermain sepeda pastinya tidak asing dengan sepeda yang satu ini. Yups, Bicycle Moto Cross atau yang sering disebut BMX ini merupakan sepeda yang terinspirasi dari olahraga motorcross yang populer di California, Amerika Serikat pada tahun 1960-an. Untuk memenuhi hasrat para remaja yang berkeinginan untuk mencoba olahraga tersebut akhirnya remaja disana pun membuat kompetisi versi tenaga manusia.

MTB (Mountain Terrain Bike) 

Sepeda.me

Sepeda yang satu ini termasuk sepedqa yang banyak digunakan oleh orang0orang yang menggeluti bidang olahraga. MTB atau Mountain Terrain Bike ini didesain untuk digunakan menyusuri jalanan terjal seperti bebatuan, berpasir, berlumpur atau yang lainnya.Sepeda ini mempunyai rangka yang kuat juga memiliki bentuk ban yang mempunyai tapak lebar yang berfungsi untuk mencengkram tanah ataupun bebatuan, sehingga sepeda ini dapat digunakan dimedan yang sulit.

Road Bike

City Magazine

Road Bike atau yang sering disebut sepeda balap ini termasuk sepeda yang digunakan untuk ajang perlombaan balap sepeda. Berbeda dengan MTB, Road Bike mempunyai body yang ringan dan ban yang bisa terbilang tipis sehingga dapat melesat dengan cepat saat digunakan dijalan beraspal. Sepeda ini memiliki 3 macam yaitu Aero, Endurance, dan Lightweight yang pastinya memiliki fungsi yang berbeda.

Sepeda Hybrid

Ohayo.co.id

Sebagian orang pastinya akan mengatakan jika melihat sepeda yang satu ini adalah Mountain Terrain Bike atau Road Bike. Sepeda Hybrid adalah gabungan dari Mountain Terrain Bike dan Road Bike. Sepeda ini didesain mempunyai body yang kuat, nyaman, dan mampu melesat dengan cepat dimedan bebatuan dibandingkan sepeda gunung. Perbedaan antara sepeda Hybrid, MTB dan Road Bike terletak dibagian ban, crank triple, dan juga rem. Jadi jangan khawatir jika sobat menggunakan sepeda yang satu ini, karena sepeda Hybrid dapat melesat dijalan yang bebatuan ataupun aspal.

Gravel Bike

Bikerumor

Tidak jauh berbeda dengan sepeda Hybrid, Gravel Bike pun dapat melesat dengan cepat dimedan yang bebatuan. Sesuai namanya sepeda ini didesain untuk digunakan dimedan yang berkerikil. Sepeda ini dapat menerima ban-ban dengan ukuran yang berbeda. Contohnya jika sobat ingin menggunakan nya dimedan beraspal dengan kecepatan yang terbilang cepat sobat dapat menggunakan ban yang berukuran 28mm dan jika sobat ingin menggunakannya dimedan kerikil atau tanah sobat dapat menggunakan ban dengan ukuran 40mm.

Fat Bike

Singletrack Magazine

Sepeda dengan ciri khas yaitu memiliki ban yang sangat besar dengan ukuran 3.8 in atau bisa lebih besar lagi dan rims yang berukuran 2.16 in atau bisa lebih luas lagi. Fat bike pertama kali keluar didaerah alaska dan daerah yang bersalju. Sepeda ini dirancang untuk digunakan dimedan yang lembut dan tidak stabil seperti bersalju, pasir, lumpur atau yang lainnya. Jika sobat memutuskan untuk menggunakan sepeda jenis fat bike, sobat harus cukup kuat karena dengan ban yang sangat besar kayuhan yang diperlukan pun cukup kuat.

Sepeda Lipat

Kompas.com

Berbeda dengan sepeda sepeda lainnya, sepeda yang satu ini mempunyai engsel dibagian rangkanya sehingga sepeda ini pun dapat dilipat ketika tidak sedang digunakan dan agar lebih mudah untuk dibawa. Sepeda ini dikhususkan untuk digunakan dimedan beraspal dan juga jarak tempuh yang cukup pendek. Sudah banyak sekali brand-brand sepeda yang mengeluarkan sepeda jenis ini dan pastinya memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda.

Sepeda Touring

Pinterest

Untuk sobat yang ingin memulai berolahraga sepeda sambil berjalan-jalan dengan jarak tempuh yang sangat jauh, sepeda ini cocok menjadi pilihan sobat. Sepeda Touring dirancang khusus untuk digunakan pesepeda tour keberbagai tempat. Sepeda ini memilki kerangka yang cukup kuat dan ban yang lebih lebar dibandingkan road bike sehingga mampu untuk membawa beban yang cukup banyak dan berat. saat sobat menggunakan sepeda yang satu ini jangan khawatir cepat lelah, karena sepeda ini sudah dirancang dengan benar agar pesepeda nyaman saat berpergian jauh menggunakan sepeda ini.

Baca juga: Liverpool Akhirnya Tertumbangkan 1-0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.