Takut Tersambar? Berikut Beberapa Mitos dan Fakta Tentang Sambaran Petir

oleh -152 views
Sambaran petir yang sangat dahsyat. Source: CNN.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – “Jangan main hp saat hujan nanti tersambar petir!” tentu perkataan itu tidaklah asing lagi bagi kita. Kalimat itu justru seringkali diucapkan oleh orang tua kita jika sedang turun hujan. Tetapi apakah kalian tahu, bahwa sebenarnya itu adalah mitos?

Seperti dilansir dari kumparan.com, seorang pakar gadget mengatakan mitos ini bermula dari pemahaman umum orang-orang bahwa karakteristik petir selalu menyambar benda yang tinggi, dan di zaman dahulu kita disarankan tidak memakai telepon kabel karena ada kemungkinan tiang telepon tersambar petir dan muatan listriknya mengalir lewat sambungan kabel ke telepon, itulah mengapa muncul istilah “jangan main hp saat hujan”. Untuk mengetahui fakta-fakta yang lebih mrnarik tentang sambaran petir yuk simak penjelasan dibawah ini! (kiyah)

1. Berlindung di bawah pohon

Jika kalian sedang mencari tempat untuk berteduh, jangan sekali-kali kalian berteduh di bawah pohon ya. Walaupun dapat membantu kita terhindar dari basah kuyup karena kehujanan tetapi justru meneduh dibawah pohon menjadi dapat meningkatkan potensi tersambar petir. Dan meneduh di bawah pohon menjadi penyebab kematian tersambar petir ke-2 terbanyak di dunia.

2. Petir dapat menyambar tempat yang sama berulang kali

Banyak orang yang masih percaya bahwa petir tidak akan menyambar ke tempat yang sama lebih dari satu kali. Tetapi tenyata pernyataan itu keliru lho, sebagai buktinya, Empire State Building tiap tahun disambar petir sampai 23 kali, lho. Jadi tetap berhati-hati ya!

3. Langsung tiarap jika ada kilat

Perlu kalian ketahui tanah dapat mengalirkan listrik pasca sambaran petir. jadi jika ada pernyataan yang menyuruh kita untuk tiarap saat ada kilat agar tidak tersambar petir, itu semua mitos ya, karena justru itu bisa menjadi pemicu tersambar petir.

4. Menolong orang yang habis tersambar petir

Tolonglah orang yangg habis terkena sambaran petir dengan segera! Karena sebagian orang percaya bahwa memegang orang yang baru saja tersambar petir akan membahayakan kita karena akan mengalirkan listrik ke tubuh si penolong. Ternyata itu salah ya guys, karena sebenarnya aliran listrik akan langsung mengalir ke tanah setelah mengenai manusia.

5. Merasa aman dari petir saat di dalam rumah

Jangan terlena dulu dengan pernyataan ini, karena percuma berlindung didalam rumah jika kita tetap berada didekat benda benda yang bisa menjadi konduktor dari sambaran petir. Contohnya TV seringkali tersambar petir, jika kita berada didekatnya bisa saja kita yang menjadi sasaran baru.

Apakah kalian pernah mempercayai beberapa mitos tentang sambaran petir? semoga bermanfaat!

Baca Juga : Spesies Ini Dapat Menyelamatkan Ekosistem Bumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *