Yuk Intip Fakta di Balik Indahnya Warna Bintang!

oleh -548 views

‏ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamu pastinya pernah melihat bintang, walaupun tidak dari jarak yang dekat. Pasti hampir semua orang sudah mengetahui bahwa bintang adalah salah satu benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Namun jangan salah sob. Ada pula bintang yang cahayanya dipancarkan oleh bintang yang lain atau biasa disebut bintang semu. Lalu bintang yang dapat menghasilkan cahayanya sendiri disebut bintang nyata.

Tahukah kamu bahwa bintang sebenarnya adalah suatu bola gas yang komponen utamanya terdiri dari hidrogen dan helium. Melansir dari laman amazine, hidrogen dan helium merupakan unsur yang paling melimpah di alam semesta, meskipun relatif langka di bumi. Lalu, bagaimana bisa hidrogen dan helium tersebut menciptakan beragam warna yang indah? Ada warna apa saja yang bisa bintang pancarkan? Simak pembahasan berikut ini. (Sabrina)

Terdiri dari Beragam Warna

Source : Okezone Techno

Bintang biasanya selalu nampak pada langit malam hari, bila dilihat dari bumi rupanya memang terlihat sama dan hanya terlihat seperti titik kecil saja, hal tersebut dikarenakan jarak benda langit tersebut yang sangat jauh dari bumi. Namun, kamu tau nggak kalau sebenarnya benda langit ini terdiri dari beberapa warna?

Nah, jadi penelitian membuktikan bahwa benda langit yang satu ini terdiri dari banyak sekali ragam dan pancaran cahaya yang dihasilkan oleh benda langit ini sedikit mirip seperti bara yang menyala dengan api unggun.

Warna Bintang Membedakan Suhunya

Source : Kapanlagi Plus

Baca juga : Jangan Ngaku Pecinta Alam Kalau Belum Ke 4 Tempat Ini!

Warna yang dihasilkan oleh bintang ini dibedakan melalui suhu yang dihasilkan oleh dirinya tersebut. Prinsip pemberian warnanya sama seperti api yang ada di bumi, api berwarna merah memiliki suhu yang lebih rendah dari pada api yang berwarna biru lho sob.

Jadi pada dasarnya, jenis bintang dengan penampakan warna merah memiliki suhu yang lebih rendah atau lebih dingin dibandingkan oleh biru. Dan bintang yang memiliki suhu menengah memiliki warna putih atau pun kuning.

Source : Sucorsekuritas.com

Jadi, mengapa ada bintang merah, bintang biru, bintang kuning, bintang putih namun tidak ada bintang yang berwarna hijau? Ternyata sebetulnya ada bintang yang berwarna hijau, sob. Bintang berwarna hijau ini adalah bintang yang memancarkan sebagian cahaya mereka di bagian spektrum hijau. Namun, warna hijau yang dihasilkan bintang ini akan tampak berwarna putih bagi mata kita yang disebabkan oleh kombinasi total warnanya.

Baca juga: 10 Battleship Yang Mematikan Di Legend of the Galactic Heroes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.