,

5 Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas!

oleh -130 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Masyarakat awam masih menganggap kalau makanan pedas buruk bagi kesehatan perut. Mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya ya! Ternyata makanan pedas bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan, lho sob. (Fajar)

Selain rasa pedasnya yang selalu berhasil menambah selera makan, selain itu cabai juga memiliki kandungan capsaicin yang sangat efektif menjaga kekebalan tubuh.

Apa aja sih manfaat mengkonsumsi makanan pedas? Yuk simak penjelasannya sebagai berikut!

1. Mencegah penyakit kanker

Source by Hellosehat

Beberapa penelitian menunjukan capsaicin dapat mencegah atau menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh tanpa merusak sel sehat disekitarnya lho sob.

2. Membantu menurunkan berat badan

Source by Doktersehat.com

Makanan pedas dapat membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh sob. Hal ini ternyata baik bagi kalian yang sedang ingin menurunkan berat badan atau biasa disebut dengan diet. Selain itu, senyawa utama dalam cabai juga memiliki efek termogenik yang bisa membakar kalori lebih banyak dari biasanya.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Source by idntimes.com

Seperti disebutkan yang di atas, cabai dan makanan pedas lainnya mengandung vitamin A dan C. Kedua zat tersebut berperan baik dalam menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Selain itu, sistem kekebalan tubuh kalian akan semakin kuat lho.

4. Menjaga kesehatan jantung

Source by Google

Kok bisa? Ini dikarenakan makanan pedas, seperti cabai, mengandung capcaisin yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta mencegah pembekuan darah. Selain itu, kandungan vitamin A dan C di dalamnya mampu memperkuat dinding otot jantung dan sensasi hangatnya dapat melancarkan sirkulasi darah sob.

5. Mengurangi rasa sakit

Source by Halodoc

Kalau kamu mengalami rasa sakit karena radang sendi, ruam, atau bahkan sakit kepala, biasanya menggunakan balsam atau salep yang terasa panas untuk mengurangi nyeri.

Begitu pula dengan rasa sakit yang dirasakan tubuh, kalian bisa menguranginya dengan mengonsumsi makanan pedas untuk menekan nyeri lho.

Makanan pedas yang dimaksud adalah rasa pedas yang berasal dari cabai atau bahan-bahan yang mengandung capsaicin. Karena selain itu, kalian tidak akan bisa merasakan manfaatnya.

Bagi yang tidak bisa menoleransi rasa pedas, jangan khawatir kalian bisa mengurangi risiko penyakit di atas dengan cara lain. Yang penting selalu menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga ya sob.

 

Baca juga : 5 Makanan Ini Pereda Rasa Sakit Saat Haid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *