5 Permainan Tradisional Ini Bikin Kamu Nostalgia!

oleh -1.832 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Zaman telah berubah. Anak-anak kecil sekarang lebih banyak bermain gadget daripada diluar rumah yang melibatkan aktivitas fisik. Permainan lama pun mereka tinggalkan, dan jadi asyik sendiri dengan tablet masing-masing. (Gebi)

Padahal, permainan-permainan tradisional yang dimiliki Indonesia begitu seru, beragam dan melibatkan aktivitas motorik pada anak agar mereka selalu aktif, lincah, dan dapat berinteraksi serta menjalin pertemanan satu sama lain. Ada yang kangen ngga nih sob dengan permainan-permainan jadul ini!

1. Petak Umpet

Source by sahabatnesia.com

Permainan yang menjadi legendaris ini mewajibkan satu orang menjadi penjaga dan menutup matanya sesuai dengan waktu ditentukan. Kemudian lainnya harus mencari tempat persembunyian yang baik, agar tidak tertangkap oleh si penjaga.

2. Engklek

Source by pinterest

Permainan yang hanya menggunakan satu kaki untuk melompat sering dijumpai pada jaman dahulu. Cara bermainnya juga cukup mudah sob, yaitu membuat kotak-kotak lalu para pemain membawa potongan genting atau batu. Potongan genting atau batu tersebut di lempar didalam kotak lalu kamu melompat dengan satu kaki dan tidak boleh menginjak atau melompati kotak yang ada potongan genting.

3. Lompat Tali

Source by google.com

Hayoo siapa yang pernah bermain ini? Biasanya sih ini dimainkan minimal oleh 3 orang dan dua orang lagi memegang tali dan satu orang nya melompat-lompat. Lompat tali ini biasanya terbuat dari karet gelang yang disambung memanjang. Pertama tinggi talinya rendah dan jika kamu berhasil tingkat kesulitannya akan semakin sulit lho sob!

4. Bentengan

Source by kissparry.com

Cara bermain permainan ini yaitu satu anak menjadi penjaga dan harus menutup mata lalu berhitung hingga 10 atau batas yang disepakati bersama. Setelah seselai berhitung, penjaga harus mencari anak-anak yang bersembunyi.

Permainan ini cukup digemari di berbagai negara, namun petak umpet di Indonesia memiliki satu aturan tambahan yang berbeda. Biasanya, permainan akan berakhir ketika semua peserta berhasil ditemukan dari tempat persembunyian. Namun di sebagian wilayah Indonesia menambahi aturan menyentuh titik pihak pencari saat berhitung.

5. Congklak

Source by google.com

Kamu akan mendapatkan biji serta tempat berbentuk bundar-bundar. Tugasmu adalah mengambil biji yang ada didalamnya dan masukkan sebanyak-banyaknya ke lubang biji yang kamu miliki. Biji terbanyak adalah pemenangnya.

One thought on “5 Permainan Tradisional Ini Bikin Kamu Nostalgia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.