6 Tanda Smartphone Kamu Kena Hack

oleh -405 views

ZETIZEN RADAR CIREBON РSmartphone kini masih retan di-hack atau pencurian data oleh oknum tidak bertanggung jawab. Secanggih apapun smartphone, hacker tetap dapat menembus keamanan smartphone dengan mudah. Biasanya orang-orang terkenal seperti artis sering sekali menjadi sasara target hacker. Tidak hanya artis saja yang menjadi korban hacker orang biasa pun menjadi korbannya yang empuk untuk dicuri data pada smartphone tersebut. Lantas bagaimana cara mengetahui jika smartphone kamu sedang di-hack?, Zetizen Cirebon telah menemukan tandanya dan simak infomarsinya. (seno)

1. Baterai cepat terkuras

Untuk pertama kali mungkin seseorang masih belum menyadari kalau smartphone yang dia bawa telah di hack. Terdapat 2 kemungkinan bisa terjadi entah smartphone sedang bermasalah atau ponselmu sedang di hack, masih tidak bisa langsung disimpulkan bahwa ponsel yang kamu bawa terkena hack. Tetapi hal ini juga bisa menjadi petanda ponselmu terkena hack.

Baterai cepat habis disebabkan karena terlalu bekerja paksa secara terus menerus. Biasanya perngaruh dari aplikasi mata-mata yang akan mencuri data ponsel kamu tidak meyadarinya. Setelah dicuri lalu dikirimkan lewat server yang telah dia rencanakan.

2. Bermunculan Pop-up iklan yang mengganggu

Terdapat Pop-up iklan banyak bermuculan terus menerus di layar ponsel kamu. Bisa jadi itu adalah ulah Hacker dengan sistem pop-up misterius sebagai memancing kamu untuk meaktifkannya, kamu juga harus berhati hati dalam mengklik salah satu iklan tersebut bisa saja terinfeksi adware.

Adware merupakan salah satu jenis malware yang memaksa perangkat untuk membuka beberapa laman yang mengarah pada revenue iklan. Jika kamu sengaja mengeklik iklan tersebut maka iklan mata mata tersebut aktif dan mulai mencuri data di dalam ponsel kamu.

3. Ada nomer misterius di pemanggilan telefon

Ketika sedang iseng melihat history calls, kemudian melihat ada nomor misterius yang muncul dalam list history calls, padahal kita merasa tidak pernah menghubungi nomor itu ataupun menerima panggilan dari nomor tersebut. Kamu harus waspada dengan hal tersebut bisa saja hacker sedang menjarah data kamu.

4. Terdapat suara aneh saat melakukan pemanggilan

Pada saat melakukan panggilan terdengar suara berisik yang aneh dan bergema. Namun, ketika dicari-cari ternyata suara tersebut berasal dari tempat si hacker.

5. Konsumsi data secara berlebihan

Selanjutnya tanda yang lain yaitu konsumsi data secara berlebihan, ketika sedang mengecek tagihan data pada akhir bulan menemukan suatu keanehan yaitu penggunaan data selama sebulan telah meningkat drastis. Ini bisa berasal dari malware atau aplikasi mata-mata yang berjalan dan mengirimkan informasi kembali ke servernya.

6. Loading yang lama

Smartphone sering loading lama alias lemot padahal hanya menjalankan aplikasi ringan, bisa jadi ada malware yang sedang bekerja mengirimkan data ke orang lain.

Pada saat kamu chatting atau membuka media sosil yang lain, ternyata ada aplikasi mata-mata yang terinstal dan ikut bekerja di waktu yang bersamaan untuk memantau aktivitas pribadi serta bisnis kamu.

Tetaplah berhati hati dalam menelusuri sebuah laman internet bisa jadi itu adalah jebakan tikus untuk menangkap korbannya dan mencuri segala yang dia punya.

Baca juga: Pengaruh Gadget Terhadap Anak? Yuk Pelajari!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.