,

Bahaya Mencuci Rambut Setiap Hari!

oleh -307 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Rambut adalah hal yang sangat berharga, baik untuk wanita dan lelaki. Setiap orang pasti menginginkan rambut yang indah, bukan? Sampai kita melakukan apapun untuk merawat rambut.

Nah, seberapa sering sobat mencuci rambut? Pada dasarnya, keramas memang memiliki efek baik, yaitu membuat rambut bersih dari kotoran. (Kayla)

Meski untuk kebersihan rambut, ternyata kita tak boleh mencuci setiap hari lho. Jika kita keramas setiap hari, maka minyak alami yang dihasilkan rambut akan hilang dan mengakibatkan berbagai masalah rambut. Apa saja ya masalah itu? Simak yuk sob!

1. Rambut menjadi rontok

Source by Google

Akibat keramas setiap hari yang pertama adalah rambut sobat akan menjadi rontok. Hal ini disebabkan karena rambut yang basah cenderung lebih rapuh dan sensitif sehingga mudah sekali patah sob. Kalau sobat melakukan ini setiap hari, wah kebayang nggak tuh berapa banyak rambut sobat yang hilang?

2. Minyak alami di rambut menghilang

Source by Google

Rambut memiliki minyak alami yang bisa membuat rambut tampak sehat dan berkilau. Jika minyak alami menghilang, maka rambut akan terlihat kusam dan kering sob. Lalu, rambut yang kering itu sangat mudah patah dan berujung pada kerontokan.

3. Merusak warna rambut

Source by Google

Jika sobat ini tetap menjaga warna rambut, lebih baik jangan lakukan keramas setiap hari ya! Karena, rambut mempunyai suatu lapisan yang disebut kutikula di setiap helainya yang berfungsi melindungi warna rambut.

Kegiatan mencuci rambut yang terlalu sering akan membuat lapisan kutikula mengelupas, sob. Lalu jika kutikula terbuka, maka akan menyebabkan warna rambut menjadi kusam, pudar dan tidak berkilau lagi. Terlebih jika sobat memiliki rambut yang dicat, jika terlalu sering keramas, bisa-bisa warnanya cepat pudar sob.

4. Mengganggu pertumbuhan rambut

Source by Google

Salah satu manfaat sampo adalah untuk melembabkan rambut. Namun, apabila dipakai setiap hari, sampo akan mengikis sebum yang ada di kulit kepala. Lalu residu dari sampo akan menumpuk di kulit kepala. Apabila hal ini terjadi terus menerus, maka pertumbuhan rambut sobat akan terganggu.

Nutrisi dari akar yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut pun tidak bisa tersalurkan dengan baik hingga ke ujung rambut sehingga kesuburan rambut terganggu.

Itu dia 4 dampak dari mencuci rambut setiap hari. Alangkah baiknya, mencuci rambut sebanyak 2-3 kali seminggu ya sob!

 

Baca juga : Inilah Penyakit Akibat Tidur Dengan Rambut Basah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.