, ,

Dampak Terlalu Sering Mengkonsumsi Mie Instan

oleh -487 views

.ZETIZEN RADAR CIREBON – Mie instan merupakan makanan favorit hampir semua orang, terutama bagi anak kos bukan? Harganya yang murah dan juga nikmat membuatnya menjadi makanan yang disenangi oleh para anak kos. (Fajar)

Rasanya yang enak dan juga harganya murah, mengkonsumsi mie instan terlalu sering akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita lho. Nah, berikut bahayanya jika kalian terlalu sering mengkonsumsinya. Yuk simak ulasannya!

1. Menyebabkan obesitas

Source by Doktersehat

Tahukah kalian? Memakan mie instan yang memberi efek mengenyangkan, namun setelah itu dalam beberapa jam kamu pun akan kembali merasa lapar lho.

Meski mie instan mengandung karbohidrat yang tinggi setara dengan nasi, tapi hal ini cenderung membuat kamu jadi makan beberapa kali lipat. Bahkan asupan mie instan juga dikaitkan dengan turunnya kadar vitamin D dalam darah yang adanya hubungan erat pada obesitas.

2. Kerusakan hati

Source by Alodokter

Terlalu sering makan mie instan juga dapat merusak organ hati kalian, mengapa? Karena bahan anti beku yang ada didalamnya yang dikenal dengan nama Humektan, sangat berpotensi membuat organ hati kalian menjadi rusak sob.

Kandungan Humektan ini berfungsi untuk mie cepat mengering, namun jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan merusak organ hati dan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kalian lho.

3. Mengganggu pencernaan

Source by Hellosehat

Untuk kalian yang terlalu sering makan mie instan, sebaiknya mulailah untuk menguranginya dengan tenggang waktu 2 hingga 3 hari atau sama sekali tidak mengonsumsinya. Sebab senyawa kimia propelene glycol, serta pengawet dan pewarna yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan sembelit.

Selain itu, kandungan lilin yang ada pada makanan ini juga akan merusak sistem kerja pencernaan dalam tubuhmu, karena setelah kamu memakannya baru bisa dicerna oleh tubuh dalam waktu minimal 2 hari.

4. Beresiko kanker

Source by Hellosehat

Bahaya mie instan memberi tekanan pada sistem pencernaan, memaksanya untuk mencernanya yang sudah diproses selama berjam-jam. Selain itu juga dapat mengganggu kadar gula darah dan pelepasan insulin sob. Karena makanan disimpan di dalam tubuh selama akibat pencernaan yang lambat, bahan kimia beracun dan pengawet dipertahankan di dalam tubuh lho.

Sementara TBHQ dan BHA digunakan dalam produk untuk membuat mie dapat digunakan lebih lama, kedua bahan kimia tersebut sebenarnya bersifat karsinogenik. Ini berarti bahwa mereka dapat menyebabkan kanker, bahkan dapat menyebabkan asma, kecemasan dan diare jika dikonsumsi terlalu sering.

5. Menyebabkan gagal ginjal

Source by Google

Jika ingin ginjal kalian tetap sehat, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan, mengapa? Karena, mengandung zat yang berbahaya bagi ginjal, yaitu proplene glycol. Akibat zat berbahaya ini, kerja ginjal menjadi terganggu, sehingga mengakibatkan kalian terkena gagal ginjal.

 

Baca juga : Kebiasaan Ini Yang Menyebabkan Diabetes!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.