8 Fakta Menarik Tokoh Petinju Legendaris Berawal dari Sepeda Dicuri

oleh -283 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Siapa sih yang tidak tahu dengan Muhammad Ali sang petinju Legendaris kelas berat terkemuka pada abad ke-20. Pria kelahiran 1967 telah meraih banyak penghargaan. Berawal memenangkan pertandingan tinju amatir hingga kelas berat Olimpiade Roma, Italia, pada tahun 1960.

Juara tinju dunia yang dikenal karena kecepatan, kecerdikan, dan kekuatannya, ia meninggal dengan tenang pada 3 Juni 2016 lalu di usianya yang ke 74 tahun di Scottsdale, Arizona, AS. Semasa kematiannya ia dikenang oleh banyak orang dan banyak orang terinspirasi kisah hidupnya

Mungkin beberapa hal yang kamu belum tau dari cxcsang petinju legendaris ini. Maka Zetizen Cirebon telah menggali fakta dibalik tokoh Muhammad Ali, berikut faktanya. (seno)

1. Sepeda hilang

Ketika Muhammad Ali beranjak umur 12 tahun, pada saat itu ia berasa temannnya pergi ke Auditorium Columbia. Setelah menonton petunjukannya ia kembali dan menyadari sepedanya hilang dicuri orang.

Saat ia melapor ke polisi, opsir polisi tersebut yang merupakan seorang pelatih tinju menyarankan Ali untuk mulai belajar bagaimana bertarung, dan ini lah kisah awal Muhammad Ali menjadi petinju profesional

2. Menolak wajib militer dan perang Vietnam

Muhammad Ali pernah menolak mengikuti wajib militer AS pada 1967. Karena menolak, ia dijatuhi hukum penjara selama lima tahun, kehilangan gelar juara dunia tak terkalahkan, dan tak bisa bertarung dalam kejuaraan tinju, justru saat ia berada dalam usia emasnya.

Namun, pada 1971 Mahkamah Agung AS menolak dakwaan jaksa terhadap Ali.

3. Mike Tyson Mengidoalakan Ali

Mike Tyson melihat pertandingan terakhir Muhammad Ali pada usianya yang ke 14 tahun, waktu itu Ali kalah oleh Larry Holmes. Tyson merasa marah dan berusaha menelepon Ali berkata, “Aku akan tumbuh dan mendapatkan dia kembali untukmu.”

Selang 7 tahun kemudian tyson kembali bertemu dengan Holmes. Ali yang telah pensiun berkata pada Tyson, “Ingat apa yang Anda janjikan”. Tyson berhasil mengalahkan  Holmes pada saat waktu akhir ronde ke-4.

4. Ali bertemu dengan Saddam Hussein

Ali pernah berangkat ke Irak pada tahun 1990, bertemu dengan Saddam Hussein untuk membebaskan lima belas tahanan yang disekap di Irak. Ia berhasil bernegosiasi dengan presiden irak yang dikenal kekejamannya dan membawa pulang ke Amerika 3 hari kemudian.

5. Sindrom Parkinson

Ali mengidap sindrom parkinson pada tahun 1984, sindrom itu disebabkan terlalu banyak pukulan-pukulan lawannya selama bertinju. Ali menjadi merasa  gemetar, lamban dan tak bisa berbicara dengan suara keras.

6. Komik Muhammad Ali

Muhammad Ali pernah dikabarkan telah mengadaptasikan ke dalam komik Superman sebagai dirinya sendiri. Dan ketika ia menjadi dirinya sendiri, apakah ia akan mengalahkan Superman?. Sudah pasti karena ia adalah sang Ali!

7. Takut naik pesawat

Takut terbang, Muhammad Ali menghabiskan waktunya saat penerbangan pertamanya hanya dengan berdoa dan memasang parasut yang diikat ke punggungnya agar terhindar yang ia tidak diinginkan. Penerbangan pertamanya adalah menuju ke Roma pada saat mengikuti ajang kejuaaran Olimpiade.

8. Tanda tangan

Saat di masih berumur 12 tahun ia pernah ditolak meminta tanda tangan meminta tanda tangan salah satu  petinju idolanya, Sugar Ray. karena saat itu Ali besumpah untuk tidak pernah menolak permintaan tanda tangan oleh penggemarnya yang begitu ia hargai dalam karirnya. Ali sampai – sampi memiliki PO Box khusus untuk siapa saja yang menginginkan tanda tangannya.

Baca juga: Kisah Inspiratif Tokoh Dunia Yang Gagal Sebelum Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *