,

Inilah Penyebab Ngiler Saat Kalian Tertidur!

oleh -152 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tanpa disadari, beberapa orang sering kali ngiler saat tertidur lelap. Air liur ini diproduksi oleh kelenjar liur yang dikendalikan oleh otak. Otak terus bekerja bahkan selama kalian bermimpi, maka mulut akan terus-terusan memproduksi air liur. Akibatnya, liur akan menggenang di dalam mulut. (Fajar)

Dalam keadaan sadar, otot wajah, lidah, dan otot rahang, akan bekerja untuk menjaga agar liur tidak merembes keluar dari mulut atau menelan kelebihan liur kembali ke dalam perut. Namun karena semua otot-otot tubuh akan melemas sepanjang malam, kemampuannya untuk menjaga air liur tetap dalam mulut akan berkurang.

Yuk cari tahu penyebab terjadinya ngiler saat kalian tertidur. Let’s check this out!

1. Alergi

Source by Halodoc

Alergi adalah salah satu penyebab seseorang ngiler saat tertidur. Yang paling sering adalah dikarenakan alergi rhinitis disebut juga dengan hay fever.

Alergi rhinitis ini adalah sejumlah gejala yang terjadi ketika tubuh terkena alergen tertentu. Alergen adalah zat yang biasanya tidak berbahaya, seperti rumput atau debu, yang bisa menyebabkan alergi.

2. GERD

Source by Google

Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD tidak hanya membuat rasa terbakar pada dada, namun juga diduga sebagai salah satu penyakit yang menyebabkan terjadinya seseorang ngiler saat tertidur.

Para ilmuwan percaya, bahwa reflux asam menyebabkan asam lambung untuk merangsang kerongkongan. Sebagai hasilnya, reflex esophago salivary terlalu terangsang sehingga produksi air liur menjadi berlebihan.

3. Kebiasaan saat tidur

Source by Google

Biasanya, orang yang tertidur dengan posisi perut menekan alas tidur adalah orang yang sering ngiler. Ini dikarenakan mulut seringkali terbuka dan saliva yang diproduksi keluar begitu saja.

Berbeda dengan orang yang tertidur dengan punggungnya, kalian akan secara natural menelannya sehingga mencegahnya keluarnya air liur.

4. Infeksi Saluran Pernapasan

Source by Halodoc

Infeksi Saluran Pernapasan atau ISP bagian atas biasanya berhubungan dengan masalah pernapasan dan menelan, yang menyebabkan ngiler karena akumulasi air liur.

Bila saluran hidungmu terhambat akibat flu, kalian juga akan lebih sering bernafas dengan mulut yang akan berdampak pada saliva yang keluar dari mulut saat tertidur.

 

 

Baca juga : Virus Corona Di Indonesia? Jangan Panik Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.