Jajanan Pasar yang Bikin Kamu Nostalgia Sob!

oleh -311 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sewaktu kecil, pasti kamu sering menjumpai jajanan pasar yang beragam dan murah meriah. Popularitas jajanan pasar sepertinya tak akan lekang oleh waktu, meskipun banyak roti, cake, maupun makanan modern. (Gebi)

Seiring berjalannya waktu, jajanan pasar menjadi sulit dicari. Tergantikan oleh camilan kekinian yang makin menjamur, jajanan pasar yang dulunya mudah ditemui seakan menjadi sesuatu yang cukup langkaNah, disini ada beberapa jajanan pasar sob yang bisa bikin kamu nostalgia!

1. Klepon

Source by pinterest

Sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Kamu tentu sering menjumpai makanan ini di pasar-pasar tradisional atau bahkan restoran berbintang.

Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan di isi dengan gula merah. Warna hijau pada klepon biasanya didapatkan dari campuran air daun suji atau pewarna makanan.

2. Nagasari

Source by kagamatp.com

Kue yang dibalut pisang ini memang memiliki cita rasa yang gurih. Nagasari merupakan jajanan pasar yang sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Ini merupakan sejenis kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang di isi pisang.

3. Serabi

Source by idntimes.com

Ada banyak jenis serabi atau surabi yang dikenal di Indonesia. Ada yang manis dan ada yang asin. Camilan yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan ini dipanggang menggunakan wajan besi kecil berbentuk cekung di atas arang atau bara api. Bagian bawahnya yang terkena kontak langsung dengan api akan bertekstur renyah, sementara bagian atasnya berwarna putih.

Serabi asin biasanya lebih tebal dan dihidangkan dengan kelapa parut, sementara serabi manis dibuat lebih kecil dan dihidangkan dengan kuah kinca. Sedangkan serabi Solo, biasanya dibuat lebih tipis dengan berbagai topping manis seperti pisang, keju, hingga coklat.

4. Getuk

Source by doyanresep.com

Getuk adalah jajanan pasar asli Jawa Tengah. Dua jenis getuk yang cukup terkenal di provinsi tersebut adalah getuk kukus dan getuk goreng. Getuk kukus bisa jadi lebih sehat dibandingkan getuk goreng karena tak ada tambahan minyak di dalam penganan ini.

Terbuat dari singkong yang dikukus dan dihaluskan, getuk memiliki tekstur yang sangat lembut. Jajanan pasar ini memiliki rasa yang manis dan sangat cocok dipadukan dengan parutan kelapa muda. Rasanya yang eksotik muncul karena adanya kombinasi sempurna dari santan kental, mentega, dan gula pasir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.