Kencur? Ini Dia 5 Khasiatnya Bagi Kesehatan!

oleh -137 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sudah bukan rahasia kalau Indonesia kaya akan rempah-rempah. Salah satunya adalah kencur. Sejak dahulu kala, rempah ini sudah digunakan oleh masyarakat untuk bumbu masakan.

Selain itu, kencur juga digunakan sebagai obat herbal, ataupun jamu yang bisa menjaga stamina dan kesehatan. Rempah ini memiliki akar yang diketahui mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. (Kayla)

Walaupun rasanya pahit, pedas dan baunya menyengat, tak membuat rempah yang satu ini ditinggalkan lho! Lalu apa aja sih khasiatnya? Yuk simak!

1. Menyehatkan kulit wajah

Source by Google.

Rempah ini mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang bisa mengatasi berbagai macam permasalahan pada kulit kita. Seperti jerawat dan bekas nya, luka, dan lain lain. Selain itu, kencur juga bisa menyehatkan kulit kita lho, sob! Karena ia mengandung antioksidan, kencur bisa mencegah radikal bebas yang merusak kulit.

2. Obat saat batuk

Source by Google.

Sejak zaman dahulu, sudah banyak ibu-ibu yang menggunakan rempah ini sebagai obat batuk untuk anaknya. Mereka mencampurkan kencur dengan madu dan sedikit garam. Campuran itu dipercaya dapat meredakan batuk, menghangatkan badan, dan melegakan tenggorokan.

3. Solusi masalah pencernaan

Source by Google.

Rempah ini memiliki kandungan zat sitotoksis dan antibakteri dengan jumlah yang banyak. Maka dari itu, para peneliti menyimpulkan bahwa rempah ini dapat menjadi solusi dalam mengatasi masalah pencernaan. Seperti maag, diare, tukak lambung, dll.

4. Bisa menghilangkan stress

Source by Google.

Sobat percaya nggak nih kalau kencur bisa menghilangkan stress? Harus percaya, ya! Karena, akar atau rimpang dari rempah yang satu ini diketahui mengandung zat anti depresan, lho! Zat ini mampu membuat sistem saraf pusat menjadi tenang atau relax.

Biasanya nih sob, rempah ini juga bisa digunakan sebagai campuran aromaterapi. Karena aroma dari kencur dapat memberikan ketenangan, mengurasi gelisah, depresi, dan stress.

5. Mengatasi mual

Source by Google.

Ketika sobat merasa mual, kencur bisa banget lho jadi solusi! Terlebih untuk ibu hamil yang sering mengalami morning sickness. Sobat bisa mencampurkan potongan kencur dengan madu dan lemon untuk menghilangkan rasa mual.

Nah sob, itu dia 5 khasiat dari kencur yang bisa sobat coba di rumah. Wah, walaupun kecil, tetapi banyak manfaatnya ya!

 

 

Baca Juga: 5 Makanan Ini Pereda Rasa Sakit Saat Haid 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *