Ketahuilah 7 Macam Gangguan Kepribadian!

oleh -210 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Manusia terlahir di dunia berbeda-beda, dari bentuk fisik yang dimiliki hingga karakter kepribadian lho. Namun, dari perbedaan karakter yang ada, sebagian menunjukkan perilaku yang sering dianggap kebanyakan orang sebagai perilaku aneh lho. (Fajar)

Nah, kondisi berbeda tersebut dikenal juga sebagai sebuah gangguan mental atau kepribadian sob. Berikut beberapa gangguan kepribadian seseorang, Let’s check this out!

1. Narcissistic

Source by Google

Narcissistic adalah perasaan mencintai diri sendiri hingga berlebihan dan menjadi sosok yang egois, senang mencari perhatian dan pujian atas dirinya sehingga tidak memperhatikan orang sekitarnya sob.

2. Paranoid

Source by Google

Gangguan mental yang membuat seseorang selalu menaruh curiga yang berlebihan dan meyakini jika orang lain ingin membahayakan dirinya. Jika sudah berlebihan, gangguan mental ini akan berdampak parah terhadap keseharian si pelaku lho.

3. Avoidant

Source by Hellosehat

Avoidant adalah gangguan dimana penderitanya mengalami kecemasan sosial yang berlebih, karakter ini hampir mirip dengan introvert. Penderita umumnya takut tidak diterima, takut diejek, dan terlalu khawatir terlihat tampak bodoh.

4. Narsistik

Source ny Halodoc

Berharap lebih diperhatikan hingga berusaha agar tampil menonjol atau bisa juga disebut “caper” merupakan tujuan utama seorang narsistik. Mereka sering kali mengharapkan sifat khusus yang harus mereka terima dari orang lain. Jelas karakter ini disebabkan oleh masalah mental.

5. Perfeksionis

Source by Google

Perfeksionis dianggap sebagai gangguan kepribadian obsesif-kompulsif. Karakter ini tumbuh akibat standar orang yang mengharuskan seseorang hidup secara detail dan sempurna. Hal ini bisa berbahaya jika tidak seimbangnya tuntutan dan kemampuan.

6. Emosionalitas

Source by cnnindonesia

Karakter ini dianggap gangguan kepribadian histrionik. Mereka sering kali histeris dan memandang segala hal secara berlebihan atau overthinking. Penderita gangguan ini akan sulit untuk berkonsentrasi. Emosi akan cepat berubah dan selalu ingin mendapatkan perhatian.

7. Temperamen

Source by Google

Karakter temperamen yang tidak bisa mengendalikan amarahnya dianggap terkena gangguan kepribadian ambang. Sifat ini sangat bahaya dan bisa merugikan diri sendiri serta orang lain. Perubahan suasana hati yang tidak stabil akan membuat karakter ini bisa meluapkan amarahnya kapan saja.

 

Baca juga : Cara Berjalan Mencerminkan Karakter Seseorang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.