Ketahuilah Cara Alami Menghilangkan Sariawan!

oleh -241 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan atau juga bisa disebut dengan ruam. Walaupun bukan penyakit menular, sariawan bisa sangat mengganggu aktivitas yang melibatkan mulut seperti makan, minum, hingga berbicara. (Fajar)

Sariawan biasanya sembuh sendiri setidaknya satu hingga dua minggu sob. Namun, banyak orang yang tidak tahan dengan rasa perih yang mengganggu, tentu tak ingin membiarkannya berlama-lama tinggal dalam mulut, bukan?

Berikut tips untuk menghilangkan sariawan dengan mudah dan cepat, Let’s check this out!

1. Berkumur air garam

Source by Doktersehat.com

Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menimbulkan efek menenangkan. Larutan air garam menjadikannya obat rumahan umum untuk menuntaskan berbagai masalah pada mulut. Berkumur-kumur dengan air garam bisa membantu meredakan gejala sariawan lho.

Larutkan satu sendok teh garam laut atau garam alami lainnya dalam setengah gelas air hangat, kemudian berkumurlah selama 30 detik. Setelah itu, bilas mulut dengan air segar. Lakukan ini dua sampai tiga kali sehari hingga ruam membaik ya sob.

2. Madu

Source by Hellosehat.com

Madu ini sangat efektif dalam mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka lho sob. Untuk menyembuhkan sariawan, kalian bisa mengoleskan madu sebanyak 4 kali sehari. Disarankan untuk memilih madu yang tidak dipanaskan dengan suhu tinggi.

3. Daun sirih

Source by Google

Daun sirih sering dikonsumsi dengan cara dikunyah. Tanaman yang umum dipakai dalam pengobatan tradisional ini memiliki beberapa khasiat lho sob, di antaranya adalah sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri.

Itulah sebabnya mengapa daun sirih dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

4. Es batu

Source by Alodokter.com

Dalam beberapa hari, sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Supaya ruam cepat kempis dan sembuh, sobat bisa mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Rasa sejuk es batu bisa menjadi obat alami yang meringankan rasa nyeri lho sob.

5. Kelapa

Source by Hellosehat.com

Kelapa diyakini mampu menjadi obat sariawan di lidah atau di bibir. Kelapa bekerja mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul lho. Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat alami sebenarnya cukup mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di sariawan kalian. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai ruam mulai tampak mengempis.

 

Baca juga : Sakit Gigi? Simak Cara Mengobatinya Disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.