Ketahuilah Manfaat Yang Dimiliki Oleh Tahu!

oleh -221 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tahu adalah salah satu makanan yang banyak digemari. Selain mudah didapat, makanan ini pun mudah diolah jadi pendamping aneka menu. Kalian dapat menggoreng atau mengolahnya menjadi aneka masakan. Tahu sering juga disandingkan dengan tempe ketika makan. (Fajar)

Tahu berbahan dasar kedelai yang kaya akan manfaat kesehatan. Bahan alaminya ini cocok sebagai sajian makanan sehat. Apalagi dengan harganya yang relatif murah, membuat makan ini sangat digemari menjadi makanan sehari-hari.

Manfaat tahu bagi kesehatan didapatkan dari kandungan nutrisi yang melimpah. Makanan ini tercatat merupakan sumber protein tinggi, mineral, zat besi, kalsium, vitamin B1, magnesium, tembaga, seng, dan selenium yang tentunya sangat baik untuk tubuh sob.

Selain itu, manfaat tahu juga memenuhi protein nabati bagi tubuh. Namun memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut manfaat tahu yang bisa kalian dapatkan. Yuk simak ulasannya!

1. Mencegah osteoporosis

Source by Google

Tahu adalah sumber kalsium yang kaya, merupakan bahan utama dalam pembentukan tulang. Inilah mengapa asupan olahan kacang kedelai ini sangat dianjurkan bagi masa pertumbuhan Anak bahkan bagi orang dewasa.

Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan osteoporosis, terutama di usia tua. Namun bila kalian rutin makanan ini, dapat memperlambat pengeroposan tulang dengan menjaga tulang tetap kuat.

2. Menjaga berat badan

Source by Google

Jika sedang dalam program diet, ternyata tahu bisa kalian jadikan bahan makanan yang dikonsumsi secara rutin. Tak disangka, tahu yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh lho sob.

Selain itu, manfaat dari makanan ini adalah untuk diet ini juga kaya akan nutrisi yang bisa menjadi sumber energi, sehingga kita pun tidak perlu khawatir akan merasa lesu jika mengurangi porsi makanan.

3. Menurunkan kolesterol

Source by Google

Manfaat makan tahu dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsinya sebagai alternatif protein hewani dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein atau LDL) dalam tubuh sob.

Dibandingkan dengan daging seperti daging sapi, olahan dari kacang kedelai ini memiliki kadar asam lemak jenuh yang lebih rendah dan kadar asam lemak tak jenuh yang lebih tinggi.

Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini juga merupakan sumber yang baik dari lesitin dan asam linoleat, yang membantu mengatur metabolisme, bersama dengan penguraian dan membuang endapan kolesterol dalam tubuh lho.

4. Mengurangi gula darah

Source by Alodokter

Seperti diketahui, tahu termasuk salah satu makanan tradisional fermentasi yang terbuat dari perasan biji kedelai. Karena itulah, mengkonsusi makanan ini bermanfaat baik bagi kesehatan, dalam hal ini mengurangi kadar gula darah sob.

 

 

Baca juga : Inilah 4 Manfaat Makan Tempe Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *