Bermain Voli: Melatih Kekompakan dan Bermanfaat Untuk Tubuh

oleh -1.147 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Olahraga bola voli di Indonesia mungkin tak sepopuler sepak bola, namun tidak sedikit juga kita menemukan lapangan bola voli disekitar kita bahkan di desa-desa kecil sekalipun. Hal itu karena olahraga bola voli tidak memerlukan lapangan yang luas dan sarana yang banyak. Meskipun begitu manfaat bermain voli tidak kalah dengan olahraga lainnya. Berikut manfaat bermain voli untuk melatih kekompakkan maupun untuk kesehatan tubuh. (alwan)

beritasatu.com
source beritasatu.com

Melatih Kerjasama Tim

Seperti kita tahu, permainan bola voli benar-benar membutuhkan kerjasama dari mulai bertahan dimana ada yang bersiap membendung spike lawan di depan dan ada yang bersiap menerima spike dibelakang. Begitupun saat menyerang, proses dari bola pertama sampai ketiga harus berjalan dengan baik. Dengan seringnya bermain bola voli bersama, kita akan lebih kompak dengan sesama rekan tim dan saling support satu sama lain.

Mengurangi Stres

Selain bermanfaat secara tim, bermain voli juga bermanfaat bagi diri kita untuk mengurangi stress. Seperti sobat ketahui otak akan memperbanyak produksi hormon mood bahagia ketika sobat berolahraga, yaitu endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan. Semua hormon positif ini akan bekerja sama menimbulkan perasaan senang dan mengusir stres. Itu sebabnya kenapa olahraga disarankan sebagai terapi tambahan untuk mengantisipasi gejala berbagai penyakit mental. Efek penurunan stres ini juga semakin bertambah pada olahraga bola voli karena melibatkan interaksi dengan banyak orang dalam satu waktu.

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

source health.detik.com

Olahraga bisa membuat sobat tidur lebih nyenyak dengan meningkatnya aktivitas enzim dan fungsi otot, serta merileks kan tubuh setelah seharian bekerja. Pada saat bangun di pagi harinya pun merasa lebih sobat akan fresh. Namun tetap hindari olahraga berlebihan karena membuat tubuh semakin kelelahan dan dehidrasi, yang justru membuat tubuh sulit tidur.

Ampuh Turunkan Berat Badan

Berolahraga voli secara teratur juga mampu mencegah terjadinya berat badan lebih yang menjadi sumber dari segala sumber penyakit metabolik, seperti diabetes. Penelitian menemukan bahwa semakin tinggi intensitas kardio(olahraga untuk meningkatkan detak jantung) yang sobat lakukan, semakin besar pula kalori yang terbakar.

Membentuk dan Menguatkan Otot dan Persendian

source hellosehat.com

Bermain voli juga melibatkan banyak gerak anggota tubuh. Mulai dari otot betis, paha, pinggul yang dipakai untuk lompat dan berlari, serta lengan dan otot punggung untuk memukul bola. Dengan bermain voli, persendian pun menjadi kuat karena terus dilatih untuk berlari. melompat, dan memukul. Persendian yang kuat akan menghindar sobat dari risiko cedera saat olahraga maupun beraktivitas sehari-hari.

Menguatkan Tulang

Bola voli termasuk latihan beban yang dapat menguatkan tulang yang jika secara rutin dapat membantu tubuh mengendalikan pelepasan kadar sklerostin sekaligus meningkatkan produksi hormon khusus bernama IGF-1 yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang. Dengan begitu, permainan voli bisa membantu menjaga kepadatan tulang sejak dini dan mencegah gejala osteoporosis untuk ke depannya.

Baca juga Kebiasaan Ini Yang Menyebabkan Diabetes !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.