Pengaruh Gadget Terhadap Anak? Yuk Pelajari!

oleh -306 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Cara yang paling mudah bagi orang tua jaman sekarang untuk menenangkan anak adalah dengan memberikan gadget. Namun, tahukah bahwa kebiasaan ini sebenarnya tidak disarankan, lho sob!

Berdasarkan data yang dilansir New York Times, 70 persen orang tua mengaku mengizinkan anak mereka(usia 6 bulan- 4 tahun) untuk bermain perangkat mobile, ketika mereka sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Selain itu, 65 persen melakukan hal serupa untuk menenangkan Si Kecil saat berada di tempat umum.

Bahkan kini banyak psikologi anak  yang sudah mahir dalam bermain pengaruh gadget. Namun selain fungsi dan kegunaan, pengaruh gadget juga memiliki dampak khusus terutama pada psikologi anak, yuk simak ulasannya!

1. Mengganggu Pertumbuhan Otak

Source by pinterest

Pada usia 0-2 tahun, otak bertumbuh dengan cepat hingga dia berusia 21 tahun. Perkembangan otak  sejak dini dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan. Stimulasi berlebih dari gadget (hp, internet, tv, ipad, dll) pada otak yang sedang berkembang, dapat menyebabkan keterlambatan koginitif, gangguan dalam proses belajar, tantrum, meningkatkan sifat impulsif, serta menurunnya kemampuan anak untuk mandiri.

2. Males Membaca dan Menulis

Source by blogspot.com

Pengaruh gadget membuat psikologi anak menjadi sangat malas membaca dan menulis. Dengan gambar-gambar menarik yang disuguhkan oleh gadget membuat psikologi anak malas membaca, karena membaca itu sesuatu hal yang membosankan sehingga mereka lebih cenderung memilih bermain gadget daripada membaca.

Selain itu dengan perkembangan teknologi yang sudah canggih ini juga membuat aktivitas menulis anak menjadi terganggu akibat menggunakan gadget sehingga hal ini dapat mempengaruhi keterampilan menulis bagi psikologi anak, dan membuat koordinasi motorik menjadi kurang bagus dan tulisan tangan menjadi tidak rapih.

3. Jadwal dan Kualitas Tidur Menjadi Terganggu

Source by hellosehat.com

Gadget maupun gawai elektronik yang biasanya berada di kamar bisa saja memberikan pengaruh negatif terhadap waktu istirahatnya. Contohnya, ketika melihat-lihat media sosial, menonton video, bermain game, atau chatting berjam-jam, tidak jarang membuat mereka untuk tidur lebih larut.

Menurut ahli, sebaiknya orangtua tidak menempatkan TV dan komputer di kamar tidur. Tidak hanya itu, cobalah meminta mereka untuk mematikan ponselnya menjelang waktu tidur. Pasalnya, jika bermain ponsel menjelang waktu tidur bisa menurunkan kualitas tidur.

Menurut sebuah studi, 75 persen anak-anak di usia 9-10 tahun yang menggunakan gadget di kamar tidur, mengalami gangguan tidur yang berdampak pada penurunan prestasi belajar mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.