Awal Tahun 2020: Isu Perang Dunia 3, Kerajaan Baru, Hingga COVID-19

oleh -362 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Awal tahun 2020, menjadi tahun yang sangat disambut baik oleh semua orang dan diharapkan akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Namun ternyata diawal tahun ini, terhitung sampai bulan Maret beberapa fenomena di  awal tahun 2020 muncul dan menggemparkan dunia khususnya bagi Indonesia, berikut pemaparannya. (alwan)

Isu Perang Dunia 3

source : serambinews.co
source serambinews.com

Tahun 2020, hubungan diplomatik Amerika Serikat dan Iran yang semakin menegang membuat publik dunia menyoroti. Terlebih setelah isu Perang Dunia 3 diperkirakan akan pecah. Awal isu Perang Dunia 3 berhembus karena terus memburuknya hubungan Amerika Serikat dengan Iran. Donald Trump secara sepihak melanggar kesepakatan nuklir 2015 dengan berbagai negara termasuk Iran setelah dilantik menjadi Presiden AS. Donald Trump juga memberi sanksi terhadap Iran dengan melarang produksi Nuklir. Kedua negara ini terus berkonflik dan kematian Jenderal top Iran Qassem Soleimani menjadi puncaknya. Tentu isu perang dunia 3 ini menghebohkan dunia tak terkecuali Indonesia. Dimana saat itu pun Indonesia sedang terlibat sengketa laut Natuna dengan salah satu negara terbesar didunia yaitu China.

Munculnya “Kerajaan” Baru

source kompasiana.com

Masyarakat Indonesia dihebohkan kembali dengan terkuaknya kerajaan palsu di Indonesia, yaitu Keraton Agung Sejagat di Purworejo. Keraton Agung Sejagat mampu mendapatkan pengikut sekitar 450 orang yang menggemparkan masyarakat Indonesia, banyak yang bertanya-tanya mengapa dengan mudahnya banyak pengikut yang mau bergabung dengan kerajaan tersebut. Setelah adanya Keraton Agung Sejagat di Purworejo, kemudian muncul lagi komunitas yang tidak terdaftar di Bandung yang disebut Sunda Empire. Sebenarnya masih menjadi pertanyaan apa penyebab dari fenomena ini terjadi, karena banyak hal yang dirasa tidak masuk akal meskipun pada akhirnya dapat diselesaikan oleh pihak yang berwenang.

COVID-19

source nationalgeographic.grid.id

Beredarnya info wabah virus COVID-19 corona di Wuhan (China) membuat Indonesia harus waspada mengantisipasi datangnya virus tersebut. Namun virus tersebut kini benar-benar sampai di Indonesia. Berawal dari peristiwa tanggal 14 Februari 2020, pasien pertama yang terinfeksi virus corona yang berdansa dengan WNA Jepang. Ia memang bekerja sebagai guru dansa dan WNA asal Jepang ini juga merupakan teman dekatnya. Selang dua hari, pasien terkena sakit batuk dan melakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat, saat itu pasien langsung dibolehkan untuk rawat jalan. Namun, sakit yang dideritanya tidak kunjung sembuh. Hingga pada 26 Februari 2020, pasien dirujuk ke rumah sakit dan diminta untuk menjalani rawat inap. Pada saat inilah, batuk yang diderita pasien mulai disertai sesak napas. Setelah menjalankan tahapan pemeriksaan di rumah sakit, pasien kemudian dikonfirmasi positif terinfeksi virus corona. Hingga akhirnya, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengubah semua proses pendidikan dan pekerjaan menjadi daring (dalam jaringan) serta menghimbau seluruh masyarakat Indonesia menjaga kebersihan dan diam di rumah guna mencegah meluasnya penyebaran virus tersebut. Dilansir dari detiknews.com, berdasarkan data Kemenkes, 19 Maret 2020 jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai 309 orang, termasuk yang sudah sembuh.

Itulah informasi terkait beberapa fenomena yang muncul dan menggemparkan dunia, khususnya bagi Indonesia diawal tahun 2020. Semoga tetap menjadi tahun yang baik buat kita meski dengan fenomena yang ada, bahkan sampai saat ini.

Baca juga: Virus Corona Di Indonesia? Jangan Panik Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *