,

Yuk Intip Tradisi Unik di Desa Trunyan Bali

oleh -692 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bali, salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi daya tarik tersendiri bagi orang- orang dalam negeri maupun manca negara. Tempat yang mayoritas penduduk nya beragama Hindu ini, terkenal sebagai tujuan wisata karena banyaknya tradisi dan budaya yang unik khususnya bagi wisatawan.

Yuk simak ulasannya lebih lanjut!

Terkenal juga dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura. Ada satu tradisi udik yang terdapat di salah satu desa tertua di Pulau Dewata, berikut ulasannya.

Bangga, Bali Masuk 20 Kota Terpopuler di Dunia 2018
Source : Fakta News

Jika kalian sedang berkunjung ke Bali, coba kalian datang ke kecamatan Kintamani  dan sebaiknya mampir dahulu ke salah satu desa tertua di Pulau Dewata.

Desa Trunyan, desa yang sudah tidak asing lagi terdengar karena juga menjadi salah satu wisata ikonik di Bali. Yang paling identik dengan desa ini adalah dengan Tradisi pemakaman nya yang tersebut unik dan sedikit kurang masuk diakal.

Mengintip Pemakaman Unik di Desa Trunyan Kintamani, Bali
Source : Pegipegi

Dikatakan unik dan aneh  karena jika biasanya mayat akan dikubur atau pun dikremasi, hal ini berbeda dengan tradisi pemakaman yang dilakukan di Desa Trunyan ini.

Jasad orang-orang yang telah meninggal di Desa ini hanya dijejerkan di atas tanpa dikuburkan. Walau terlihat dan terdengar aneh justru ini yang menjadi daya tarik para pengunjung lho.

Walau jasad – jasad ini hanya dijejerkan tanpa dikuburkan, jasad – jasad tersebut tidak menimbulkan bau busuk sama sekali. Dikatakan bahwa bau  busuk dari jasad-jasad tersebut ternetralkan langsung  oleh Pohon Taru Menyan yang tumbuh di Desa tersebut.

Dimana pohon Taru Menyan sendiri memiliki aroma harum yang sangat kuat. Sehingga, mampu menetralkan bau busuk yang sebelumnya dikeluarkan oleh jasad tersebut.

Menyikap Keunikan Wisata Desa Trunyan | Indonesia.go.id
Source : Indonesia.go.id

Tradisi ini memang mengundang banyak sekali perhatian dari orang-orang dan mereka juga tidak segan datang langsung ke desa ini, hanya untuk melihat tradisi ini secara langsung.

Bahkan tak sedikit juga artis dan youtuber asal Indonesia. Bahkan dunia yang datang untuk membuat konten yang membahas tentang tradisi di Desa Trunyan yang unik ini. (sabrina)

Baca juga : Yuk Simak Tentang Sejarah dan Keunikan Tari Topeng!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.