4 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Tubuh!

oleh -150 views

ZETIZEN RADAR CIREBON –  Sering kali makanan yang kamu makan sehari-hari diasumsikan sebagai makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi tubuh. Padahal, tidak semua makanan sehari-hari baik untuk dikonsumsi. Bahkan, ada beberapa makanan dan minuman sehari-hari yang sebaiknya dihindari karena dapat membahayakan kondisi kesehatan kamu. Lalu apa saja sih makanan tersebut? Yuk simak sob! (gabyaja)

1. Mie Instan

Source by indozone.id

Zaman sekarang anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan lansia pun sangat menyukai mie instan, makanan ini dianggap sebagai alternatif yang tepat saat kamu malas memasak atau membeli makanan diluar rumah.

Semakin banyaknya jenis mie instan yang beredar di pasaran, semakin tinggi pula minat masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang satu ini. Padahal, mie instan adalah salah satu makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu, khususnya jika dikonsumsi setiap hari. Hal ini disebabkan karena kandungan garam yang terlalu banyak di dalam bumbu mie instan sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Jika mengonsumsi mie instan terlalu banyak, berbagai masalah kesehatan serius berpotensi akan muncul, seperti kanker perut, stroke, dan penyakit jantung akibat terlalu banyak sodium yang dikonsumsi.

Selain itu, meski mie instan mengandung karbohidrat,  tetapi makanan ini tidak mensuplai nutrisi apapun untuk tubuh kamu. Sementara, berat badan mungkin akan naik karena kandungan karbohidrat di dalamnya, ditambah lagi makanan ini juga mengandung monosodium glutamat (MSG) yaitu zat adiktif yang digunakan untuk perasa makanan sehingga makanan terasa lebih nikmat.

2. Pemanis Buatan

Source by liputan6

Pemanis buatan memiliki kandungan kimia sangat banyak yang digunakan untuk membuat minuman soda menjadi lebih menarik. Inilah mengapa mengkonsumsi minuman bersoda tidak disarankan untuk kamu yang ingin menjaga pola makan dan berat badan. Hindarilah pemanis buatan karena rasa manis yang dirasakan hanya pada lidah sementara pada sistem tubuh akan mengganggu bakteri yang bertugas pada metabolisme tubuh , sehingga berat badan akan mudah naik dan bahkan menjadi berlebihan sob.

3. Jagung

Source by pinterest

Jagung merupakan makanan dengan kandungan selulosa di dalamnya. Mengkonsumsi jagung dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh kamu, namun akan berbeda halnya jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus. Kandungan enzim di dalam tubuh yang membantu penghancuran makanan tidak mampu untuk melakukannya secara banyak, sehingga dapat menimbulkan masalah pencernaan.

4. Minuman Kemasan

Source by tokomesin.com

Tanpa disadari, minuman manis kemasan yang banyak beredar di pasaran dan mungkin sering kamu konsumsi dapat membahayakan kesehatan. Mengapa demikian? Minuman manis memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Tetapi saat mengonsumsinya, tubuh kamu tidak akan menganggap bahwa minuman manis ini adalah makanan. Hal ini membuat kamu tidak merasa harus mengurangi asupan makanan atau asupan gula sehingga terjadi lonjakan kalori yang dikonsumsi. Minum minuman manis menjadi makanan yang berbahaya  jika dikonsumsi setiap hari karena kandungan gula di dalamnya dapat membuat sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik karena respon sel terhadap insulin terganggu (resistensi insulin).

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit serius, seperti gangguan liver, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Oleh sebab itu, jika kamu ingin mengonsumsi minuman manis buatlah sendiri di rumah dan kontrol jumlah gula yang hendak dikonsumsi agar kesehatan kamu lebih terkontrol!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.