Asteroid 1998 OR2 Dekati Bumi Hari Ini Tidak Ada Ancaman Langsung

oleh -236 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Asteroid adalah objek berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid, dan berada di Tata Surya. Asteroid berbeda dengan komet dari segi visualnya. Komet menampakkan koma sementara asteroid tidak.

Baru saja ada informasi Asteroid selebar 2 kilometer atau yang lebih dikenal sebutan OR2 1998 akan segera mendekati Bumi. Astronom mengatakan asteroid ini tergolong berpotensi berbahaya bagi bumi, benarkah begitu?, mari simak saja informasinya. (seno)

Asteroid yang terlihat seperti memakai masker ini memiliki diameter sekitar 1,8-4,1 km dan mendekati bumi dengan jarak 6,3 juta kilometer atau setara 16 kali jarak bumi dan bulan.

Walaupun dikategorikan sebagai Potentially Hazardous Object atau berpotensi berbahaya menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) asteroid 1998 OR2 tidak akan mengganggu kehidupan di bumi atau masih aman.

Baca juga: Ungkap Kebenaran UFO, Pentagon AS Resmi Meriliskan 3 Video UFO

Klasifikasi ini mengacu pada pengukuran yang dikenal sebagai jarak persimpangan orbit minimum yang berjarak 8 juta kilometer dari orbit Bumi. Ukuran juga mengacu pada besarnya absolut benda langit, terutama yang berukuran lebih dari 140 meter.

Para insinyur dan ilmuwan bersama NASA telah mengajukan rencana resmi bagi pemerintah AS untuk mengambil langkah jika asteroid berada di jalur dan akan tabrakan dengan Bumi.

Dia mengatakan, meskipun asteroid tidak menimbulkan ancaman langsung namun mempelajari lintasannya saat mendekati Bumi membantu para ahli untuk meningkatkan strategi mitigasi risiko dampak dan menentukan lintasan PHA di masa depan.

Salah satu caranya dengan menyaksikan Virtual Telescope Project dari Roma, Italia. Penayangan fenomena alam secara virtual itu juga akan dilakukan dengan cara streaming melalui Youtube

Sumber: republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *