Dianggap Plagiat Vans Minta Instagram Hapus Sneakers Ventela

oleh -600 views

 

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ventela sneakers produk lokal yang sedang hangat-hangatnya di media sosial saat ini. Ventela dikecam oleh banyak orang di media sosial lantaran dinilai mirip dengan salah satu brand sneakers ternama yakni Vans. Gimana respon Ventela menanggapi hal tersebut?. (seno)  

Baca juga: Serupa Namun Taksama, Game Mobile Korea Bantah Jiplak Demon Slayer

Skena local pride lagi heboh gara-gara Vans meminta Instagram menghapus unggahan sneakers yang dinilai menjiplak designnya. Di antara sepatu tersebut adalah rilisan dari Ventela.

Merek sepatu dalam negeri itu punya desain dengan stripe putih di sampingnya, yang sekilas mirip sama jazz stripes milik Vans. Apalagi sejak Ventela merilis Ventela Public dan Ventela Retro.

Ventela pun menaggapi lewat akun instagram mereka terkait design logo yang mereka buat. Mereka mengatakan design tersebut telah didaftarkan ke instansi terkait yaitu Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Jadi sebagai Reseller tidak perlu khawatir dengan apa yang terjadi. Mungkin ada pihak yang keberatan dengan desain kita, dan itu hal wajar dalam dunia bisnis, itu merupakan hak mereka dan kita tidak bisa melarangnya,” tulis pihak VentelaShoes di story instagramnya.

Naasnya banyak dari akun instagram reseller sneakres local tersebut dihapus oleh pihak Vans atas tuntutan tersebut, alhasil pedagang yang udah menjadi reseller Ventela sejak Desember 2019 itu harus membuat akun baru.

Namun, Vans mendapati temuan bahwa Primark kembali melakukannya, dengan menjual sneakers tiruan tersebut di Amerika Serikat.

Oleh karenanya, perusahaan yang berbasis di California itu mengajuka gugatan dengan tudingan pelanggaran merk dagang, persaingan tidak adil, dan iklan palsu di pengadilan federal New York pada awal Desember 2018.

Vans menuding Primark menjiplak dua desain siluet sneakersnya–Old Skool seharga 55 poundsterling dan Sk8-Hi seharga 65 poundsterling.

Sumber tribunnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *