Fakta Menarik Plague Doctor, Dokter Bertopeng Paruh Pada Abad ke-14

oleh -2.524 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Plague Doctor mungkin terdengar asing bagi telinga banyak orang. Seperti namanya, Plague Doctor adalah dokter yang bertugas menangani pasien-pasien terjangkit wabah virus. Sekitar abad ke-14, terjadi wabah yang sangat mengerikan yaitu black death, yang sudah membunuh sepertiga manusia di Eropa.

Walupun bisa dibilang dokter yang profesional, tidak sedikit juga menjalani tugasnya hanya mencatat jumlah korban yang telah terkontaminasi wabah mematikan tersebut.

Uniknya berbeda dari dokter pada umumnnya, plague doctor memakai sebuah topeng berbentuk paruh burung kenapa demikian?, fakta apa lagi yang tersembunyi dari seorang Plague Doctor. (seno)

1. Maksud kostum Plague Doctor

Dokter pada umumnya yang berpakaian  serba putih, lain halnya yang dipakai dokter wabah ini. Kostum yang ia pakai terbuat dari kulis kambing yang di design oleh Charles de l’Orme untuk atasan plague dokter. Lengkap dengan topi yang saat itu bersimbolkan  status ahli kesehatan.

Bagian yang paling mecolok yaitu topengnya yang bentuknya seperti paruh burung, topeng tersebut berisikan rempah-rempah seperti mint, sari mawar, dan hal yang berbau wangi lainnya, berfungsi untuk meminimalkan bau busuk dari jenazah korban wabah ataupun yang sudah terjangit dengan wabah.

Selain itu mereka pun membawa tongkat untuk berinteraksi dengan pasien, berguna terhindarnya kontak fisik antara Plague Doctor dengan pasiennya. Tidak sedikit juga Plague Doctor juga ikut terjangkit wabah tersebut dan meninggal dunia

2. Dokter Pada Masa Black Death

Black Death atau Wabah Hitam membuat masyarakat Eropa menjadi resah dan gelisah, lantaran wabah tersebut sudah merenggut nyawa sepertiga bahkan setengah populasi Eropa pada saat itu. Keberadaan Plague Doctor menjadi solusi bagi Eropa untuk bertahan hidup pada masa sulitnya. Jasad korban wabah tersebut di kuburkan oleh Plague Doctor sendiri 

Baca juga: Sisi Positif Yang Bisa Diambil Di Tengah Wabah COVID-19 Saat Ini

3. Isu Terkait Dengan Malaikat Maut

Banyak korban yang berjatuhan yang dilakukan oleh Plague Doctor, sehingga masyarakat Eropa mengaitkannya dengan malaikat maut. Karena, saat itu banyak pasien-pasiennya berakhir tewas, sehingga beberapa orang merasa takut terhadap Plague Doctor yang terkesan menyeramkan. Hal ini mengakibatkan Plague Doctor menjadi kelompok terkucilkan dari masyarakat Eropa

Sumber: idntimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *