Fenomena Aneh Yang Sering Terjadi Saat Tidur

oleh -325 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tidur merupakan salah satu kebutuhan kita sebagai manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita. Menurut ilmu kesehatan sendiri durasi terbaik tidur adalah selama 8 jam, tapi banyak juga yang mengatakan 6 jam saja sudah cukup.

Saat tidur, kondisi tubuh kita benar-benar kehilangan kesadaran, oleh karena itu sangat memungkinkan jika terjadi banyak fenomena aneh saat kita tidur. Ini bukanlah sesuatu yang berbahaya dan kalian sendiri pasti pernah mengalami salah satu peristiwa di bawah alam sadar berikut. (ina)

1. Berbicara Saat Tidur

Penyebab Mengigau Saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Fenomena ini disebut juga sebagai somnilioquy atau parasomia. fenomena ini cenderung lebih sering dialami oleh anak-anak. orang-orang mengenalnya dengan istilah mengigau, menurut penelitian dari National Sleep Foundation, orang-orang yang mengigau bisanya mengeluarkan kata-kata singkat dan tidak masuk akal. hal ini terjadi selama fase REM (Rapid Eye Movement) dan non-REM sleep. Berbicara saat tidur disebabkan oleh berbagai faktor seperti stres, depresi, demam, kantuk di siang hari, kurang tidur dan minum alkohol.

2. Sleep Paralysis

What you should do if you suffer from sleep paralysis

Sleep paralysis atau sering kita sebut ketindihan ini adalah keadaan dimana kita tidak mampu menggerakkan tubuh kita ketika tidur maupun sudah bangun.Penjelasan medis mengatakan bahwa hal ini terjadi akibat terganggunya fase tidur REM, yang menyebabkan terjadinya atonia otot lengkap yang mencegah seseorang untuk bertindak di luar mimpi mereka.

3. Sindrom Kepala Meledak

Waspada Sindrom Kepala Meledak yang Mengganggu Tidur Anda ...

 

Sindrom ini biasanya terjadi pada umur 50 tahun ke atas, ditandai dengan mendengar suara yang keras secara tiba-tiba saat tidur, seperti suara barang jatuh, teriakan, ledakan, dan banyak lagi.  Sindrom ini dikenal juga dengan EHS (Exploding Head Syndrome). Menurut American Academy of Sleep Medicine disebutkan kalau penyebab sindrom kepala meledak seringnya karena kondisi tubuh yang teramat lelah atau sedang stres.

4. Hypnic Jerk

Apa itu Hypnic Jerk? – Infopedia
ilustrasi hypnic jerk

Yang kali ini pasti kalian pernah mengalaminya, hypnic jerk atau “awal tidur” adalah fenomena dimana kamu merasa seperti akan jatuh saat tidur. Jangan buru-buru panik ya, karena hampin 70 persen orang di dunia ini pernah mengalaminya. Penyebab hypnic jerk sendiri bisa karena kelelahan, kurang tidur, kecemasan, dan rasa tidak nyaman. Namun begitu, alasan yang tepat masih sulit dipahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *