Hal Ini Bisa Merusak Kepercayaan Diri Kalian

oleh -152 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kepercayaan diri dalam bahasa gaul harian, pede yang kita maksudkan adalah percaya diri. Semua orang sebenarnya punya masalah dengan istilah yang satu ini. Ada orang yang merasa telah kehilangan rasa kepercayaan diri di hampir keseluruhan wilayah hidupnya. (Fajar)

Mungkin terkait dengan soal krisis diri, depresi, hilang kendali, merasa tak berdaya menatap sisi cerah masa depan, dan lain-lain. Tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang cukup. Sebagian orang justru memandang rendah terhadap diri sendiri.

Nah, sifat rendah diri ini ternyata dipengaruhi oleh banyak faktor, bahkan terkadang hal-hal sepele pun dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan diri. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menurunkan tingkat percaya diri kalian.

1. Hidup dalam penyesalan

Penyesalan memang kadang dialami dan dirasakan jika seseorang melakukan kesalahan. Penyesalan akan membuat kita belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Penyesalan yang berlarut-larut adalah hal yang tidak baik.

Penyesalan tersebut dapat menjadi penghambat kemajuan kalian. Selain itu juga akan membuat kalian tenggelam dalam rasa bersalah, menyalahkan diri sendiri, sehingga rasa minder dan tidak percaya diri.

2. Memiliki pengalaman traumatis

Pengalaman mendapatkan kekerasan fisik, emosional, seksual atau apa pun seringkali menyebabkan perasaan sedih, tertekan, malu dan bahkan rasa bersalah. Bahkan, seseorang yang mengalami trauma bisa jadi merasa bahwa dirinya tidak layak untuk dihormati, dicintai, dan diperhatikan oleh orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *