Inilah 5 Buah Unik Ternyata Hasil Persilangan

oleh -474 views
Source by Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Selain dibudidayakan secara alami, ternyata ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa diproduksi dengan cara persilangan atau hibrida. Secara umum, hibrida merupakan hasil persilangan dua atau lebih tumbuhan berbeda jenis, sehingga menghasilkan bentuk dan rasa buah yang unik. (Fajar)

Berkat kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan di jaman sekarang, kini para ahli tanaman Botani di dunia sudah banyak melakukan eksperimen untuk menciptakan tanaman dan buah jenis baru dengan cara Hibrida sob.

Tapi terkadang, ada juga Hibrida atau persilangan tanaman dan buah yang terjadi secara alami. Lantas seperti apa bentuk dan rasa buah unik hasil persilangan tersebut? Simak ulasannya sebagai berikut!

1. Plumcot

Source by Google

Plumcot adalah buah hasil persilangan antara buah plum dan aprikot. Selain plumcot, ada beberapa hibrida lain yang masih satu spesies yaitu apriplum, pluot, dan aprium. Buah hasil rekayasa genetika ini dikembangkan oleh seorang produsen buah bernama Luther Barbank, yang juga memiliki tempat pembibitan tanaman.

Buah hasil persilangan lebih dari seabad yang lalu ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis. Penampilan plumcot yang bulat juga membuatnya sering mendapat julukan ‘telur dinosaurus’. Meski begitu, plumcot tergolong buah sehat karena kaya akan vitamin C.

2. Tomtato

Source by Google

Tomtato atau pomato adalah buah hasil persilangan antara tomat dan kentang. Tanaman ini diproduksi dengan mencangkokkan tanaman tomat dan tanaman kentang. Proses penyambungan batang adalah tahap yang paling sulit, karena batang tomat dan batang kentang wajib memiliki ketebalan yang sama.

Seperti tanaman cangkokan lainnya, tomtato tidak dapat tumbuh secara alami di tanah dan juga tidak akan tumbuh dari bijinya. Pada bulan September 2013, tomtato resmi diluncurkan sebagai produk komersial oleh perusahaan holtikultura asal Inggris.

3. Plango

Source by Google

Buah yang satu ini memang kalau dilihat mirip banget sama mangga. Tapi ternyata buah ini adalah buah unik hasil persilangan antara mangga dan plum. Plango ini punya rasa yang mirip dengan mangga tapi kulitnya bisa dimakan. Buah Plango ini dikembangkan di Thailand, semoga aja ya secepatnya bisa ada di Indonesia.

4. Pineberry

Source by Google

Buah yang satu ini bukan strawberry yang biasa kamu temukan di supermarket. Pineberry adalah penemuan baru di dunia buah-buahan. Bentuknya memang mirip banget sama strawberry tapi yang membuat beda adalah warnanya. Kalau Pineberry ini warna kulitnya putih dan rasanya lebih mirip nanas yang punya rasa manis-asam.

5. Tayberry

Source by Google

Tayberry merupakan persilangan antara 2 jenis buah beri, yakni Blackberry dan Raspberry. Buah tersebut .ditemukan oleh para petani pada tahun 1979. Jenis buah tersebut sulit dipanen untuk industri, sehingga tidak masuk ke dalam tanaman pertanian komersial.

6. Tangelo

Source by Google

Tangelo merupakan hasil persilangan antara variasi sitrus, yakni tangerine dan pomelo. Buah seukuran kepalan tangan orang dewasa ini dihasilkan melalui persilangan pada tahun 1911 oleh ahli biologi dari Departmen Pertanian Amerika Serikat, W.T Swingle.

Tangelo memiliki ciri khas yaitu tonjolan seperti ‘puting’ pada bagian atasnya. Ciri khas lainnya adalah rasa asam yang tajam pada daging buahnya. Ukurannya yang lebih besar dari jeruk biasa membuat tangelo dapat digunakan sebagai pengganti jeruk mandarin

Baca juga : Buah Dan Sayur Ini Bisa Membuat Wajah Kencang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *