Inilah 6 Dampak Buruk Insomnia!

oleh -204 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Insomnia merupakan masalah tidur yang paling umum dijumpai. Kesulitan tidur selama berhari-hari atau jangka panjang akan menyebabkan kurang tidur yang memengaruhi kesehatan tubuh maupun mental. Berikut ini ada beberapa dampak yang wajib kamu ketahui! (gebii) 

1. Daya Ingat Menurun

Source by clobas.co.id

Saat tubuh tertidur, otak kamu memproduksi gelombang otak yang mempertahankan ingatan. Jadi, jika kamu mengalami insomnia maka otak dapat mengalami kesulitan untuk memproses dan menyimpan informasi saat tidak cukup istirahat.

2. Keinginan Makan Lebih Banyak

Source by doktersehat.com

Sejumlah penelitian menemukan kaitan antara insomnia dengan kegemukan. Ternyata, kurang tidur bisa memicu seseorang merasa lapar, sebuah studi tahun 2012 menunjukkan kurang tidur dapat meningkatkan hormon ghrelin yang memberikan sinyal rasa lapar. Selain itu, orang yang insomnia cenderung memilih makanan yang asin dan manis saat lapar.

3. Meningkatkan Kecemasan

Source by liputan6.com

Insomnia membuat seseorang lebih muda cemas atau khawatir terhadap sesuatu. Akibat kurang tidur, hormon kortisol yang dikenal dengan hormon stres akan semakin meningkat. Detak jantung dan tekanan darah tinggi juga meningkat. Mengatasi stres bisa menjadi salah satu cara mencegah insomnia sob!

4. Munculnya Perasaan Paranoid

Source by doktersehat.com

Jika kamu mudah terganggu saat tidur, kebiasaan tersebut dapat membentuk perasaan paranoid. Studi telah membuktikan bahwa kamu lebih cenderung berhalusinasi saat tubuh kamu lelah. Saat kamu tidak mendapat tidur yang cukup selama beberapa hari, cara berpikir kamu menjadi berantakan, dan level stres pun akan naik.

5. Membuat Berat Badan Naik

Source by lifestyle.kompas.com

Tidur sangat penting untuk kelancaran siklus pencernaan, lho. Otak kamu mengontrol hormon yang membuat lapar dan kenyang (ghrelin dan leptin), dan hormon tersebut dapat dipengaruhi oleh kurang tidur. Saat kamu tidak mendapat tidur yang cukup, otak kamu memproduksi banyak hormon ghrelin yang membuat kamu terus merasa lapar.

Menurut psikiater dan sleep expert Dr. Balu, “Studi telah membuktikan bahwa wanita yang tidur kurang dari 6 jam dapat mengalami kenaikan berat badan sebanyak 5 kg dibanding wanita yang tidur selama 7 jam.”

6. Terjadinya Kerusakan Pada Kulit

Source by hellosehat.com

Ketika tidur, tubuh juga akan memperbaiki sel-sel dan jaringan kulit. Jadi, bila kurang tidur akibat insomnia dapat merugikan kesehatan kulit karena produksi kolagen menurun. Akibatnya, penuaan akan lebih cepat terjadi pada kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *