Inilah Akibat Dari Sering Menahan Lapar!

oleh -479 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Lapar adalah hal yang dirasa ketika kita membutuhkan asupan makanan. Ketika kita merasa lapar, harusnya kita dengan cepat memenuhi rasa itu dan tidak menunda-nunda.

Namun, seringkali kita berada dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk makan saat itu. Seperti jika kita sedang melakukan banyak tugas atau pekerjaan yang menuntut kita harus terburu-buru karena deadline. Akhirnya, nggak akan inget waktu makan lagi dan malah menunda-nunda.

Kebiasaan itu bisa berdampak buruk lho untuk kesehatan sobat. Apa saja ya? Yuk simak artikel ini sampai habis! (Kayla)

1. Asam lambung naik

Source by Google.

Efek dari menahan lapar yang satu ini pastinya sudah sangat familiar ditelinga kalian kan, sob? Bahkan mungkin kalian pernah mengalami itu.

Memang sih, menurut ilmiah, jika kita tidak mengonsumsi makanan pun asam lambung tidak terhambat. Tetapi produksi asam lambung yang tidak disertai makanan bisa secara perlahan membakar lapisan perutmu, lho! Lalu akhirnya menimbulkan rasa nyeri atau yang disebut penyakit maag.

2. Kemungkinan terjadi sembelit

Source by Google.

Akibat yang selanjutnya adalah sembelit. Sembelit bisa terjadi kalau sobat menahan rasa lapar untuk waktu yang lama kemudian saat tiba waktunya makan, sobat tidak mengunyahnya dengan baik karena terburu-buru, tuh.

Karena makanan tidak terkunyah dengan baik, maka volume makanan yang besar akan masuk ke tubuh. Dan masuknya volume makanan yang besar ke dalam tubuh sobat akan cenderung lebih sulit dicerna oleh enzim dalam sistem pencernaan sobat sehingga bisa membusuk dan inilah yang memicu penyakit sembelit. Wah, mulai sekarang jangan suka menunda makan ya!

3. Metabolisme tubuh terganggu

Source by Google.

Yang selanjutnya adalah bisa mengganggu metabolisme tubuh. Saat pola makan yang sebelumnya tidak teratur kemudian kembali seperti semula, ini tentunya membuat metabolisme tubuh juga akan terganggu karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak konsisten, sob.

Walaupun hal ini tidak terjadi dalam waktu yang lama, namun cukup mengganggu terlebih saat efeknya berbuntut pada kenaikan berat badan yang tidak sehat. Nah, jika sobat ingin mengembalikan waktu makan yang teratur, sebaiknya lakukanlah secara perlahan ya sob!

4. Wajah menjadi pucat dan tubuh lemas

Source by Google.

Kebiasaan menunda-nunda waktu makan dapat berpengaruh pada wajah dan badan juga lho, sob! Yaitu bisa membuat wajah terlihat pucat dan tubuh cepat merasa lemas. Bandingkan jika sobat selalu makan tepat waktu dan sering mengkonsumsi makanan bernutrisi, selain wajah terlihat lebih segar, tentunya badan pun akan terlihat lebih bugar, kan!

Jadi mulai sekarang, usahakan untuk selalu makan tepat waktu, ya! Dengan begitu, kesehatan sobat akan lebih terjaga.

BACA JUGA: Yuk Simak Manfaat Olahraga Di Pagi Hari!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.