,

Inilah Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan

oleh -538 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Teri merupakan jenis ikan yang mudah ditemukan. Ikan air asin ini kerap menjadi olahan lezat menggugah selera. Di balik kenikmatannya, ikan ini memiliki kandungan nutrisi bermanfaat. Tidak hanya dikemas dengan minyak ikan yang bermanfaat, tetapi juga rendah merkuri lho sob. (Fajar)

Ikan satu ini juga dikenal sebagai sumber vitamin yang baik seperti tiamin, riboflavin, niasin, folat, vitamin C, B12, B6, A, E, dan K. Ikan berminyak ini juga mengandung lemak dan kolesterol baik lho.

Nah, tahukah kalian meski ukurannya mini, ikan teri memiliki segudang manfaat yang bikin kalian ingin lebih sering lagi makan ikan ini? Apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Yuk simak ulasan sebagai berikut!

1. Rendah Merkuri

Source by Hellosehat.com

Merkuri adalah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Di dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Jika kalian mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang mengandung merkuri, maka kandungan merkuri dalam daging ikan akan masuk ke dalam tubuh kalian. Penumpukan merkuri dalam tubuh dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti keracunan merkuri hingga bahkan kerusakan saraf, terutama pada bayi dan anak-anak lho.

2. Menyehatkan jantung

Source by Liputan6.com

Kandungan lemak tak jenuh atau omega-3 ganda pada ikan teri akan mengurangi kolesterol jahat. Hal ini disebabkan karena tingginya deposit kolesterol jahat di arteri meningkatkan risiko terkait jantung yang terhenti. Omega-3 yang ada akan mencegah kolesterol jahat akan menumpuk pada pembuluh darah.

Magnesium serta kalsium memiliki peran penting. Kalsium bertugas merangsang otot di jantung dan pembuluh darah sehingga berkontraksi, sedangkan magnesium bertugas untuk membuat rileks. Selain itu juga mengandung vitamin B-12 dan B-6 yang bertugas membersihkan darah dari kolesterol.

3. Menurunkan berat badan

Source by Hellosehat

Bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan atau diet, ikan teri sangat bisa kalian konsumsi karena ikan ini juga bisa membantu dalam penurunan berat badan. Mengapa? Karena ikan teri merupakan jenis ikan hidup di air asin, sehingga memiliki protein banyak dan kalori yang rendah.

Kadar protein yang banyak dan meningkat akan membuat kalian mendapatkan rasa kenyang lebih lama ketika mengonsumsinya. Bisa disimpulkan ikan teri menjadi solusi menjadi teman diet kalian dengan tetap memberikan nutrisi cukup serta manfaat tanpa harus menambah kalori.

4. Mencegah anemia

Source by Hellosehat

Tidak hanya mengandung kalsium dan magnesium, ikan teri juga mengandung zat besi yang banyak lho. Zat besi tinggi pada ikan teri akan membantu mencegah anemia serta memperlancar kinerja darah merah untuk menyalurkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh kalian.

 

Baca juga : Rekomendasi Makanan Pendamping Diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.