Inilah Manfaat Tertawa Yang Wajib Kamu Ketahui!

oleh -179 views
Source by alodokter.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tertawa sudah sejak lama dipercaya sebagai obat mujarab untuk mengembalikan semangat dan membuat seseorang lebih sehat. Saat tertawa, hormon endorfin akan dilepaskan sehingga kamu akan merasa lebih baik. Selain bermanfaat untuk kesehatan mental, juga berpengaruh positif terhadap banyak organ tubuh. Selain itu, ternyata ada beragam manfaat yang perlu kamu ketahui nih sob! (gebii) 

1. Mengurangi Stress

Saat tertawa, beban pikiran akan sedikit berkurang, sehingga perasaanz akan lebih lega. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi hormon pemicu stres, seperti kortisol, epinefrin (adrenalin), dan dopamin, serta meningkatnya produksi hormon endorfin.

2. Membuat Rileks

Ketika tertawa, berarti kamu sedang bahagia, dan saat itulah kamu akan merasa rileks. Bahkan ini berpengaruh langsung pada denyut jantung, detak jantung jadi lebih lambat dan santai. Kerja jantung jadi lebih ringan karena stres berkurang, dan kamu jauh dari penyakit jantung.

3. Mengurangi Depresi

Selain bisa mengurangi tingkat stres, tertawa juga bisa menurunkan risiko terjadinya depresi dan gangguan kecemasan dan juga mampu menetralkan segala emosi negatif yang dapat mengakibatkan depresi.

4. Memperpanjang Umur

Orang akan terlihat lebih awet muda dan panjang umur jika sering tersenyum atau tertawa. Bukan hanya memberikan kesan ramah pada wajah, tentu juga akan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tertawa dapat meningkatkan jumlah dan fungsi sel-sel dalam sistem imun. Peningkatan ini akan berpengaruh terhadap kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi

6. Meningkatkan Produktivitas

Karena tertawa bisa menurunkan kadar stres, meningkatkan produksi serotonin dan endorfin, dalam hal ini juga memiliki besar pengaruhnya pada peningkatan produktivitas. Jika kamu lebih bahagia, berpikir positif, mood yang baik atau tidak sedang kesal, produktivitas juga jadi lebih baik. Melakukan aktivitas jadi lebih menyenangkan.

7. Analgesik Alami

Kamu merasa sakit atau nyeri di suatu bagian tubuh? Tersenyum dan tertawa akan merangsang produksi serotonin dan endorfin yang bukan hanya bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, tetapi juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *