Jangan ditahan! Inilah 4 Manfaat Menangis!

oleh -241 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Menangis seringkali diidentikkan dengan sifat cengeng dan sering dianggap lemah. Hal ini membuat banyak orang berusaha sekuat mungkin untuk menyembunyikan atau menahan tangis.

Padahal, menangis itu sesuatu yang wajar dan tak melulu sebagai bentuk ungkapan perasaan sedih. Meskipun menangis dianggap lemah, di sisi lain, menangis punya manfaat bagi kesehatan lho sob!

Berikut adalah manfaat yang akan sobat dapat dari menangis yang sudah Zetizen Radar Cirebon rangkum dari berbagai sumber. Check this out! (Kayla)

1. Mengurangi stres

Source by Google.

Manfaat menangis yang pertama adalah mengurangi rasa stres yang sobat rasakan. Para peneliti pun mempercayainya. Karena ketika manusia menangis sebagai respons terhadap stres, air mata mereka mengandung sejumlah hormon stres dan bahan kimia lainnya.

2. Melepaskan ketegangan

Source by Google

Manfaat menangis yang selanjutnya adalah meredakan ketegangan yang sobat rasakan. Hal ini menjadi alasan mengapa banyak wanita tidak selalu cemberut dibandingkan dengan pria. Karena kebanyakan wanita akan meredakan ketegangan melalui menangis, sob. Betul nggak tuh?

Dan pada kenyataannya, sebagian orang ingin menangis tapi lebih sering menahannya. Nah, untuk menghilangkan rasa tegang, akan lebih baik jika sobat menangis.

3. Melindungi mata dari bakteri

Source by Google

Saat sobat bepergian ke tempat umum atau mengendarai motor, maka mata sobat akan sangat rawan terkena debu dan bakteri. Air mata dapat membantu sobat melindungi mata dari serangan bakteri karena mata memiliki lisozim, suatu larutan enzim yang terdapat di dalam cairan sekresi eksokrin, seperti air susu ibu, air mata, keringat, lendir hidung dan cairan mulut.

Cairan ini berfungsi untuk membunuh bakteri hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit. Oleh karena itu, jangan menyepelekan manfaat dari menangis, ya!

4. Melegakan perasaan

Source by Google.

Manfaat menangis yang selanjutnya melegakan perasaan sobat. Menangis membantu sobat untuk membiarkan emosi meluap, dan juga bisa digunakan sebagai bentuk pengekspresikan diri.

Ketika sobat sedang memiliki berbagai macam masalah dan cobaan, cobalah menangis. Karena setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega dan perasaan sobat akan menjadi lebih baik. Jadi, jangan ragu untuk menangis ya sob!

5. Meningkatkan mood

Source by idntimes.com

Manfaat yang terakhir yaitu bisa meningkatkan kood seseorang. Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresinya dan membuat moodnya akan kembali meningkat.

Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

Baca Juga: 4 Alasan Kita Mudah Jatuh Cinta Dengan Sahabat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.