Jangan Lakukan Hal Ini Setelah Makan!

oleh -205 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Makan adalah suatu kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Dengan makan, energi dalam tubuh kita akan terisi kembali sehingga kita bisa melakukan segala aktifitas.

Setelah selesai makan, kita pastinya harus melanjutkan kegiatan kita, bukan? Namun ada beberapa kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelahnya lho. Karena akan memberikan dampak yang buruk untuk tubuh sobat. Lalu, apa saja ya kegiatan itu? Yuk simak artikel yang sudah Zetizen Radar Cirebon rangkum untuk sobat. Let’s get started! (Kayla)

1. Mandi

Source: blogunik.com

Mandi setelah makan itu nggak baik lho, sob! Kinerja pencernaan tubuh sobat akan terganggu jika melakukan itu. Karena saat mandi, temperatur tubuh mengalami perubahan, dan tubuh pastinya harus mengimbangi perubahan tersebut. Pada saat yang bersamaan, organ dalam tubuhmu juga sedang bekerja keras mencerna makanan yang baru saja kamu santap. Lalu, perubahan suhu tubuh akan sangat mengganggu proses pencernaanmu, sob. Sebagai saran, jika ingin mandi, alangkah baiknya 30 menit setelahnya, ya!

2. Minum teh

Source: lifestyle.kompas.com

Banyak orang yang menjadikan minum teh sebagai kebiasaan setelah makan. Padahal, minum teh setelah makan akan memberikan dampak buruk untuk tubuh, lho. Organ pencernaan kita bisa terganggu karena daun teh bersifat asam dan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mencerna makanan. Teh pun mengandung polifenol dan tanin yang mengikat zat besi dan membuatnya sulit diserap tubuh. Jadi mulai sekarang, jangan jadikan teh sebagai pendamping makananmu ya sob!

3. Memakan buah-buahan

Source: hellosehat.com

Tubuh bisa mencerna dengan kecepatan yang berbeda-beda sesuai jenis makanan yang kita konsumsi. Walaupun buah termasuk makanan yang dicerna dengan cepat oleh tubuh, tetap saja buah tersebut akan diam dan terfementasi jika kamu mengonsumsinya setelah makan. Hal itu bisa mengakibatkan munculnya gas. Jadi, lebih baik sobat mengonsumsi buah pada satu atau dua jam sebelum atau sesudah memakan makanan berat.

4. Berolahraga

Source: hellosehat.com

Banyak orang berasumsi bahwa makan sebelum olahraga dapat menambah energi tubuh. Namun, nyatanya tidaklah demikian sob. Melakukan olahraga berat setelah makan dapat menyebabkan organ pencernaanmu terganggu, lho. Itu akan membuat perutmu sakit dan membuatmu merasa mual jika berolahraga terlalu berat. Solusinya, sobat bisa mengisi perut satu jam sebelum berolahraga ya.

Nah, itu dia sob 4 hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Jika sobat sering melakukan hal-hal diatas, lebih baik ubah dari sekarang, ya! Dengan begitu, sobat akan sehat selalu.

Baca Juga: 5 Makanan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.