Kamu Sulit Menabung? Berikut 5 Manfaat Menabung

oleh -227 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Beberapa orang, menabung adalah hal paling sulit dilakukan. Padahal, manfaat yang diberikan begitu banyak dan bisa kamu didapatkan.

Melanie Lockert pernah berkata, “Menabung dapat memberikan ketenangan pikiran, yang memiliki efek pada perilaku Anda.”

Melanie adalah penulis Dear Debt dan salah satu pendiri Lola Retreat, retret keuangan pribadi untuk perempuan, seperti dilansir dari laman Varomoney.

Selain Melanie, Lockert juga berkata, “Ketika Anda menghemat uang, Anda mengubah perilaku Anda sehingga Anda melindungi masa kini sekaligus masa depan Anda.”

Teori teori orang hebat tersebut, benar apa katanya. Kita harus bisa mengatur keuangan kita supaya di kedepan hari bisa memenuhi kriteria yang sesuai  kamu inginkan. Manfaat yang diberikan pun baik untuk diri sendiri, maka dari itu yuk simak manfaat menabung

1. Melatih kontrol diri

Brown membagikan pengalaman bagaimana menabung juga dikaitkan dengan tercapainya tujuan ia dan suaminya, yaitu menurunkan berat badan. Tujuan penghematan secara alami selaras dengan kebiasaan yang lebih sehat, seperti menyiapkan makanan di rumah daripada makan di luar. Semakin banyak Anda berlatih dan mengatasinya, semakin kuat kendali diri Anda seiring waktu.

2. Memberikan ketenangan batin

Beberapa penelitian yang dilakukan psikolog mengungkapkan bahwa jikalau menabung juga bisa memberikan ketenangan batin. Dengan adanya cadangan uang, pikiran seseorang akan lebih terkontrol saat menghadapi situasi yang tak diduga.

3. Menjadi dana cadangan

Tabungan Anda berfungsi sebagai dana cadangan atau dana darurat). Dengan memiliki dana cadangan, suatu waktu Anda mengalami kondisi darurat keuangan, Anda tidak akan merasa stres dan terbebani.

4. Terhindar dari hutang

Beberapa orang terdesak karena tidak bisa memenuhi kebutuhannya, malah berakhir berhutang ke orang lain atau mengajukannya ke bank

Dengan menabung, seorang bisa terhindarkan dari hutang ketika tiba-tiba harus mengeluarkan pengeluaran untuk hal darurat seperti sakit dan sebagainya. Tabungan yang mencukupi bisa menambal pengeluaran yang tak bisa ditutup dari pendapatan rutin bulanan.

5. Menjalin hubungan yang baik dengan pasangan

Dengan menabung kita juga bisa membahagiakan pasangan, lho sob kok bisa?

Tania Brown, seorang Certified Financial Planner di Lawrenceville, mengatakan bagaimana menabung membantunya dan suaminya membalikkan keadaan. “Menyimpan uang menyatukan diri saya dan suami saya dengan tujuan bersama, memaksa kami berdua untuk berkorban. Kami mengalami masa-masa sulit, dan itu memaksa kami untuk berkomunikasi dan bekerja sebagai sebuah tim,” katanya.

Brown juga pernah mengatakan bahwa pihak ketiga kemudian membantu membuat rencana dan bertindak sebagai mitra yang membantu mereka tetap fokus. “Kami fokus pada tujuan jangka panjang kami, yang membantu kami tetap disiplin, ”katanya.

Kini, mereka hampir memiliki dana cadangan untuk satu tahun ke depan, dan terus bekerja bersama untuk mencapai tujuan mereka.

Gimana menurut kalian sangat bermanfaat sekali bukan. Dengan menabung didalamnya banyak manfaat yang baik untuk diri sendiri atau orang lain.

Baca juga: 5 Fakta Unik Kucing Yang Wajib Diketahui!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *