Webtoon Dengan Kearifan Lokal, Kenapa Enggak?

oleh -1.058 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Saat ini, banyak komikus-komikus Indonesia yang mengangkat kisah-kisah bernuansa kearifan lokal kedalam karya mereka. Namun tentu saja mereka membalutnya dengan kesan modern dan ala Webtoon. (Nindi)

Jika kemarin kita membahas tentang 3 manhwa Isekai. Maka sekarang kita akan membahas komik hasil karya anak bangsa. Saat ini seiring berkembangnya teknologi juga gaya hidup masyarakat Indonesia yang lebih akrab dengan gadget. Hal ini menyebabkan industri komik juga ikut menyesuaikan diri. Saat ini para komikus tidak hanya menerbitkan komiknya dalam bentuk cetak atau buku, mereka juga membuat versi Webtoon nya agar lebih mudah diakses oleh para pembaca. Dan dari sinilah banyak lahir komik – komik dengan kualitas yang tidak bisa dianggap remeh. Banyak diantara para komikus ini membuat komiknya dengan sentuhan kearifan lokal budaya kita. Berikut adalah 3 Webtoon dengan kearifan lokal yang wajib banget buat kalian baca.

1. 7 Wonders

7 Wonders adalah Webtoon karya Metalu. Kisah 7 Wonders ini bermula saat seorang pemuda bernama Jaka, yang terbiasa hidup senang tiba – tiba harus kehilangan semua kemewahannya karena kebangkrutan orang tuanya. Suatu hari, Jaka mendapat tiket liburan gratis karena menggantikan temannya, Temon ke Paradise Park Air Terjun Bidadari. Lalu dari sanalah kisah cinta Jaka dan seorang bidadari berselendang kuning bernama Kenanga dimulai. Disamping itu Jaka juga mulai menguak satu-persatu misteri tentang keluarganya dan juga asal-usulnya. Tentu kalian sadar legenda apa yang menginspirasi sang kreator. Yup, Webtoon ini mengisahkan tentang Jaka Tarub namun dengan sentuhan kisah modern masa kini.

Baca juga: Manhwa, Komik Korea Selatan yang Naik Daun

2. Nusantara Droid War

Nusantara Droid War atau disingkat NDW merupakan komik buatan Vega Mandalika Jhauhari. Komik ini bukan terinspirasi dari legenda namun ini tentang permainan yang menggunakan Droid dipadukan dengan unsur-unsur bernuansa Indonesia. Setiap Droid yang ada di NDW ini memiliki latar belakang yang berunsur pada budaya Indonesia. Droid ini seperti monster yang dapat di summon dan juga bisa menggunakan berbagai skill tambahan. Droid dalam komik ini ada berbagai macam jenis, mulai dari bertema mistis seperti tuyul, dan kuntilanak, juga ada yang berbentuk tokoh legenda seperti Nyi Roro Kidul, Keong Mas, juga dari pewayangan seperti Arjuna.

Kisah ini menceritakan protagonis bernama Sagriya Legi yang memiliki Droid bernama Kabasaran. Segriya dikisahkan sedang mencari sang ayah yang merupakan pembuat Droid NDW yang menghilang ketika Sagriya masih kecil. Selain itu ia juga mencari tahu tentang kebenaran dibalik NDW. Dalam perjalanannya Sagriya harus bertemu dengan Adnan dengan Droid nya bernama Arjuna. Dan tentu jika kalian penasaran, kalian bisa langsung baca komiknya di Webtoon.

3. Sri Asih

Komik Sri Asih ini adalah ‘versi kekinian’ dari cerita Sri Asih yang memang sudah pernah ada sebelumnya pada tahun 1954, dan merupakan tokoh ciptaan R.A. Kosasih. Webtoon Sri Asih modern ini adalah karya Archie The Redcat dan Devita Krisanti, dan telah dapat dinikmati di salah satu platform komik digital. Komik Sri Asih ini menceritakan tokoh bernama Alana yang dapat melihat makhluk gaib sejak dia kecil, namun ternyata berkat itulah ia mampu menjelma menjadi sosok seorang dewi yang Sakti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.