,

Ketahuilah Manfaat Dari Biji Nangka Rebus!

oleh -269 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Aromanya yang khas serta rasanya yang manis menggoda membuat buah nangka sangat digemari oleh pecinta buah-buahan tropis. Namun, saat memakannya, kebanyakan orang seringkali membuang biji nangkanya.

Padahal Biji nangka atau bisa disebut juga dengan beton ini mengandung banyak nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin A, C, dan B, kalsium, seng, dan fosfor yang berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya menyehatkan mata. (Fajar)

Source by Hipwee

Tapi, tahukah kalian? Beberapa nutrisi pada biji nangka justru lebih banyak dibandingkan daging buahnya lho sob. Beton bahkan juga diketahui memiliki kandungan antioksidan. Beragam nutrisi inilah yang membuat beton memiliki khasiat sebagai berikut!

1. Mencegah infeksi bakteri

Beberapa penelitian menemukan adanya senyawa antibakteri pada biji nangka. Sebagian besar senyawa tersebut ditemukan pada permukaan beton dan telah sejak lama digunakan sebagai obat diare alami.

Senyawa antibakteri pada beton cukup efektif melawan bakteri Escherichia coli yang sering menjadi penyebab masalah pencernaan. Berkat manfaat ini, biji nangka berpotensi menjadi obat alami untuk penyakit yang ditularkan melalui makanan terkontaminasi.

2. Menurunkan risiko kanker

Biji nangka mengandung senyawa antioksidan berupa flavonoid, saponin, dan tannin. Senyawa-senyawa ini mampu melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak sel dan memicu pertumbuhan sel kanker sob.

Senyawa antioksidan pada beton ini juga memiliki manfaat untuk mencegah pembentukan pembuluh darah di sekitar sel kanker lho sob. Tanpa pembuluh darah yang memadai, sel kanker tidak akan mendapatkan pasokan darah dan nutrisi untuk tumbuh.

Source by Google

3. Membantu pencernaan

Serat yang ada pada biji nangka cukup banyak dan memiliki dua fungsi untuk tubuh. Pertama tentu untuk mempermudah buang air besar. Serat akan membuat feses mudah dikeluarkan dan peluang mengalami sembelit sangat kecil. Kalau jarang sembelit, perut juga akan jarang kembung.

Selain membantu pencernaan, serat di dalam beton juga membuat kalian kenyang lebih lama lho. Kalau kita kenyang lebih lama, kemungkinan besar makan berlebihan tidak akan terjadi. Berat badan juga lebih terkontrol sehingga obesitas tidak akan terjadi.

4. Meningkatkan imun tubuh

Di situasi seperti ini, biji nangka salah adalah satu cara agar dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan zat antimikroba dan seng yang dimilikinya dapat mencegah terjadinya kontaminasi bakteri dan membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan produksi imun dalam tubuh.

Baca juga : 5 Makanan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.