Ketahuilah Pisang Merah Yang Kaya Manfaat!

oleh -364 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada umumnya pisang berwarna kuning bukan? Namun pernahkah kalian melihat atau mendengar buah pisang yang berwarna merah? Pisang ini memiliki keunikan karena warna kulitnya merah.

Pisang ini bisa kamu temui di beberapa negara Asia Tenggara. Nama lain dari pisang merah ini ialah red dacca. Pisang jenis ini bisa diolah menjadi beberapa makanan. (Fajar)

Source by Idntimes

Pisang merah ini banyak di temui di Tanzania. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan pisang kebanyakan, hanya saja kulitnya yang berwarna merah keunguan. Red dacca mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang.

Namun, tak kalah dengan pisang yang lain, ada segudang manfaat buah unik ini yang baik untuk kesehatan lho. Yuk simak ulasan berikut!

1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Source by Hellosehat

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti halnya pisang merah, dapat menurunkan risiko penyakit kronis. Antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh bisa menyebabkan stres oksidatif yang memicu terjadinya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

2. Membantu menurunkan berat badan

Source by Merdeka.com

Red dacca termasuk asupan yang rendah kalori. Oleh sebab itu, menyertakan buah ini ke dalam diet dapat membuat kalian merasa kenyang lebih lama sehingga membantu menurunkan berat badan lebih mudah.

Bukan hanya kalorinya yang rendah, kandungan serat dalam pisang merah juga dapat membantu Anda mengontrol berat badan.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Source by idntimes

Vitamin B6 adalah salah satu senyawa ampuh yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh lho. Apabila kita kekurangan vitamin tersebut maka produksi sel darah putih akan berkurang sehingga mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Ditambah lagi kandungan Vitamin C yang banyak di dalam pisang ini juga bisa menghindari tubuh dari infeksi yang bisa menyebabkan penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi lainnya.

4. Kaya akan antioksidan

Source by SehatQ

Meskipun pisang dengan kulit bewarna kuning terkenal kaya antioksidan, ternyata red dacca lebih tinggi lho kandungan antioksidannya. Antioksidan adalah senyawa yang mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang banyak ditemui sehari-hari, seperti melalui polusi. Dan yang menggiurkan, antioksidan ini bermanfaat untuk menjaga penuaan dini pada wanita pula.

Namun, bagi kalian yang alergi pisang, red dacca juga dikhawatirkan dapat menimbulkan reaksi alergi yang sama, seperti ruam, gatal, bengkak, batuk, muntah, pusing, atau bahkan pingsan. Oleh sebab itu, jika saat mengonsumsi pisang merah timbul gejala tersebut, sebaiknya segera hentikan konsumsi dan periksakan diri kalian ke dokter.

 

Baca juga : Ketahuilah Manfaat Dari Buah Naga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.