Memperingati Hari Bumi Sedunia 2020, Hal yang Bisa Dilakukan Di rumah

oleh -520 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional.

Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan.

Hari Bumi dirancang untuk masyarakat di dunia dapat meningkatkan kesedaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi.

Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi. (seno)

Hal yang bisa kamu lalukan dirumah

1.  Kurangi penggunaan plastik

Plastik menjadi masalah besar dalam lingkungan. Bahannya yang sulit dihancurkan membuat menimbulkan banyak musibah apabila tidak didaur ulang. Harus ada kesadaran diri sendiri terhadap sampah-sampah ini hanya akan memenuhi tempat pembuangan sampah atau berujung mengotori laut, dan mengancam kehidupan banyak biota laut.

2. Menghemat Listrik

Menghemat penggunaan listrik selain bisa mengurangi biaya yang harus dibayarkan, juga perlu dilakukan untuk menjaga bumi. Dengan mengurangi penggunaan energi listrik, maka asap beracun yang dihasilkan oleh tempat pengolahan energi listrik bisa berkurang.

Baca juga: Istilah Kampus Yang Penting Bagi Mahasiswa Baru

3. Batasi penggunaan air

Membatasi penggunaan air juga baik dalam menjaga cadangan air bersih dan mengurangi aliran air kotor ke laut. Mulailah dengan tidak membiarkan keran air saat mandi dan hanya menyalakannya saat akan digunakan saja.

4. Mulailah menanam tanaman di rumah

Pohon bermafaat, karena dapat menghasilkan oksigen dan udara bersih untuk manusia. Selain itu, bisa menjadi sumber makanan sekaligus memerangi perubahan iklim.Anda bisa memulai dengan membeli benih tanaman di online shop. Jadi, menanam pohon di rumah bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga bumi yang kita tinggali.

Sumber: cantik.tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *