Najwa Shihab: Wanita Dengan Segudang Prestasi

oleh -933 views
source idntimes.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Najwa Shihab adalah seorang presenter acara Mata Najwa yang disiarkan di Stasiun televisi Trans 7 setelah sebelumnya lama tayang di Metro TV.

Najwa Shihab, wanita dengan segudang prestasi yang terkenal dengan kecerdasannya. Di acara Mata Najwa, Najwa Shihab terpilih dan telah berhasil mewawancarai banyak tokoh-tokoh terkenal di Indonesia sehingga dia menjadi fenomenal dan menarik untuk dibahas. Berikut fakta tentang Najwa Shihab.

Putri Kedua Prof. Dr. Quraish Shihab

Najwa Shihab juga merupakan putri kedua, dari tokoh terkenal bernama prof. Dr. Quraish Shihab, yakni seorang cendekiawan muslim Indonesia. Ibu Najwa Shihab bernama Fatmawati Assegaf, dan Najwa Shihab mempunyai empat orang saudara.

Kuliah S1 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Najwa Shihab melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia, dan mengambil jurusan ilmu hukum, sampai diwisuda pada tahun 2000. Luar biasanya, kendati lulus sebagai seorang sarjana hukum, Najwa Shihab lebih memilih terjun di dunia jurnalistik ketimbang menjadi seorang pengacara.

Menikah di Umur 20 Tahun

Ketika menimba ilmu di UI, ia bertemu dengan seniornya, Ibrahim Sjarief Assegaf. Bersama Ibrahim, mereka memutuskan untuk menikah di usia muda, yakni 20 tahun. Kehidupan pernikahan mereka terlihat sangat damai dan tak pernah diterpa gossip sampai sekarang.

Meliput Tsunami Aceh 

Ketika Tsunami Aceh terjadi, Najwa Shibab memberitakan secara emosional betapa dahsyatnya Tsunami Aceh dan menyebut bahwa pemerintah kurang sigap dalam menghadapi bencana tersebut. Walaupun ketika itu yang menjabat Menko Kesra ketika Bencana Tersebut terjadi adalah pamannya sendiri yaitu Alwi Shihab sehingga menurut pakar Komunikasi UI yaitu Effendi Ghazali menyebut fenomena Shihab vs Shihab.

Raih Young Global Leader Award

Young Global Leader (YGL) adalah Penghargaan dari World Economic Forum (WEF) yang berkedudukan di Geneva, Swiss. Penghargaan YGL diberikan WEF setiap tahun terhadap para profesional muda berusia di bawah 40 tahun dari seluruh dunia. Ribuan kandidat diseleksi secara ketat oleh sebuah Komite Seleksi yang diketuai Ratu Rania Al Abdullah dari Yordania. Najwa Shihab terpilih sebagai YGL 2011 setelah Komite Seleksi melakukan penyaringan yang sangat ketat terhadap ribuan profesional muda di berbagai disiplin ilmu dan profesi, dari seluruh dunia.

Menjadi Pembicara di Konvensi Asian American Journalist Association

Pada tahun 2006 ia terpilih sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV, dan masuk nominasi Pembaca Berita Terbaik Panasonic Awards. Pada tahun yang sama, bersama sejumlah wartawan dari berbagai negara, Najwa Shihab terpilih menjadi peserta Senior Journalist Seminar yang berlangsung di sejumlah kota di AS, dan menjadi pembicara pada Konvensi Asian American Journalist Association.

Meraih Beasiswa Penuh Australian Leadership Awards

Meskipun memutuskan untuk total di dunia jurnalistik dan TV broadcast, Najwa terus menerus berupaya memperkuat dan memperkaya wawasan keilmuannya. Di tahun 2008 lalu, Najwa Shihab terus memperdalam ilmunya, dengan mengambil konsentrasi hukum media di Melbourne Law School Australia, di mana Najwa Shihab wanita hebat yangterpilih untuk mendapatkan full scholarship for australian leadership awards.

Baca juga: PewDiePie, Youtuber Sukses Berpenghasilan Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *