,

Sering Disebut Rambut Nenek, Kenali Asal – Usul Arbanat!

oleh -1.022 views
Source : screamsthelittegirl.id.com

ZETIZEN RADAR CIREBON- Siapa yang pernah mencoba rambut nenek? kalau kita pahami sesuai arti aslinya pasti sangat aneh ya sob!. Karena rambut nenek disini bukan seperti arti aslinya ya.  Ternyata nama asli jajanan ini sendiri memiliki nama lain yang bagus lho, yaitu Arbanat. Arbanat adalah makanan yang populer pada jamannya, bahkan hingga saat ini mungkin masih digemari oleh beberapa orang. (kiyah)

Hmm kira-kira gimana ya sejarah munculnya arbanat atau jajanan yang kerap disapa rambut nenek ini, yuk kita cari tahu!

Munculnya Arbanat

Ada beberapa perbedaan mengenai dimanakah pertama kali Arbanat ini muncul. Adanya menyebutkan bahwa pertama kali arbanat ini muncul di kota Malang, namun ada juga yang berpendapat jajanan tradisional yang satu ini berasal dari Desa kesambi, Kabupaten Lamongan. dari perbedaan tersebut bisa kita ambil kesimpulan bahwa jajanan legendaris ini berasal dari Jawa Timur.

Rambut Nenek

Ternyata nama rambut nenek terbentuk karena pada awalnya arbanat muncul dengan warna putih. teksturnya yang seperti rambut dan berwarna putih itulah yang menyebabkan mengapa arbanat disebut rambut nenek. Namun seiring berkembangnya jaman arbanat memiliki warna lain selain putih yaitu pink, hijau, dan lain lain.

Bahan Yang Terkandung

Cita rasa manisnya yang khas menjadi salah satu daya tarik dari arbanat sendiri. Makanan ini terbuat dari gula pasir, tepung terigu, pewarna makanan, dan air, ada juga yang menambahkan bahan tambahan seperti gapit untuk menambah cita rasa saat memakannya. Proses pembuatannya sendiri bisa memakan waktu yang sangat lama lho sob. Maka tidak diragukan lagi mengapa makanan jaman dulu ini terasa enak dan bisa kita makan hingga saat ini.

Perkembangannya

Walaupun rambut nenek sudah tidak sesering dulu kita temukan, tetapi tenang saja sob sekarang sudah ada yang siap diedarkan di super market lho dengan gaya khas masa kini. Rasa khasnya yang dari dulu kita rasakan juga masih sama!

Nah tadi adalah cerita singkat tentang arbanat, semoga jajanan tradisional lainnya bisa tetap kita lestarikan tanpa mengubah cita rasanya ya sob!

Baca Juga : Wajib Coba Macam-Macam Dessert Korea Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *