Sering Kurang Fokus? Kenali Penyebabnya Sob!

oleh -297 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kurang konsentrasi atau kurang fokus pada sebuah pekerjaan adalah kejadian yang kerap terjadi, terutama pada kamu yang sangat sibuk. Tak jarang hal ini mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga terkadang membuat kamu merasa stres. Nah, untuk mengatasinya kamu harus mengetahui penyebabnya. Apa sajakah penyebabnya? Yuk simak! (gebii) 

1. Terlalu Khawatir

Source by hellosehat.com

Mempunyai rasa cemas atau khawatir secara berlebihan mempunyai dampak yang tidak baik bagi Anda. Hal tersebut akan membuang waktu Anda untuk mengerjakan hal-hal yang tidak penting.

Alih-alih ingin segera menyelesaikan pekerjaan Anda, namun justru menghambat produktivitas Anda dan membuat kehilangan fokus dan konsentrasi.

2. Terlalu Banyak Kegiatan

Source by akurat.com

Walaupun kamu tidak merasa tertekan secara mental, namun terlibat dalam kegiatan yang terlalu banyak dapat membuat perhatian kamu terganggu dan menjadi pelupa. Untuk mencegahnya, mulailah memilih kegiatan mana yang lebih penting dan kegiatan mana yang tidak terlalu penting lalu tinggalkan lah beberapa kegiatan yang tidak penting.

3. Pola Makan Tak Sehat

Source by kimronggolawe.com

Apa yang kamu makan dapat berdampak besar pada kesehatan mental dan juga tingkat konsentrasi. Kebiasaan makan tak sehat seperti tinggi lemak, gula, dan garam, dapat meningkatkan risiko obesitas, kolesterol tinggi, dan penyakit yang berhubungan dengan menurunnya fungsi kognitif tubuh. Diet tinggi protein dan Omega-3 dianjurkan untuk membantu meningkatkan kinerja fungsi otak kamu.

4. Kurang Tidur Dan Berolahraga

Source by liputan6.com

Kurang tidur bisa menjadi alasan utama mengapa kamu kehilangan fokus dan konsentrasi. Waktu ideal untuk tidur adalah tujuh sampai delapan jam setiap hari.

Selain itu, kurang berolahraga juga bisa menyebabkan kehilangan fokus. Cobalah untuk tidur tepat waktu dan berolahraga rutin untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi kamu ya sob.

5. Menjelang Menopause

Source by merdeka.com

Wanita yang mengalami menopause mengalami gangguan daya ingat dan kemampuan belajar. Menurut penelitian di UCLA (University of California, Los Angeles), hal tersebut dapat terjadi pada tahap awal dan akhir sebelum menopause. Tahap ini merupakan sebuah tahapan dimana siklus bulanan menjadi tidak teratur. Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa perubahan pada saat menopause bersifat sementara. Menurunnya hormon estrogen pada masa menopause diyakini menjadi penyebab turunnya konsentrasi seseorang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *