Sir Gawain, Ksatria Matahari Pada Legenda Arthurian

oleh -1.561 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dalam Legenda Arthuria, Raja Arthur, Istana Camelot dan cerita tentang Celtic King Arthur. Terdapat seorang pahlawan bernama Arthur, yang sebenarnya ada pada sekitar abad ke-5, tetapi sosoknya hanya terdapat dalam legenda saja. Banyak cerita tentang para ksatria Round Table, termasuk Lancelot, Tristan dan Isolde, Gharadhad dan legenda Holy Grail Gawain, dan lain lainnya, yang jatuh cinta dengan Ratu Guinea. Kali ini, Zetizen Radar Cirebon akan membahas singkat keponakan Raja Arthur, Sir Gawain yang dikenal sebagai ksatria Matahari. (seno)

Sir Gawain adalah kesatria yang sopan, tak kenal pamrih, tangguh, baik hati, setia, pembela kaum miskin, dan dijuluki sebagai “Maidens Knight,” sang pelindung kaum wanita. Bahkan bagi seorang Sir Lancelot, Gawain adalah teman yang paling dapat dipercaya. Kekuatan Gawain tergantung pada Matahari, karena saat siang hari kekuatannya menjadi 3 kali lipat, namun kekuatannya lenyap setelah matahari tenggelam.

Kisah Dibalik Pengkhianatannya

Ia juga merupakan seorang Herbalis yang pandai dalam meracik obat dan menyembuhkan penyakit ataupun luka. Ketika Mordred & Agravain membeberkan skandal perselingkuhan antara Lancelot & Guinevere ke publik Camelot, Gawain mencoba menghentikan kedua saudaranya itu tetapi gagal.

Saat para prajurit mengepung kamar Guinevere, Gawain tidak mau ikut ambil bagian dalam pengepungan itu. Lancelot berhasil kabur dengan cara membunuh beberapa prajurit termasuk Ketiga anak Gawain serta 2 saudara Gawain yang bernama Sir Gareth dan Sir Gaheris. Hal itu membuat Gawain dendam dan tak dapat memaafkan perbuatan Lancelot.

Keterlibatannya Dalam Perang Camlann

Ketika terjadi perang Camlann, Lancelot meminta maaf kepada Gawain dan mengajukan diri ke untuk membantu pasukan Arthur. Tetapi Gawain tak mau memaafkannya dan menolak bantuan Lancelot dengan alasan tak sudi memasukkan seorang pengkhianat ke dalam pasukannya.

Dendamnya ini menimbulkan malapetaka, Gawain kalah dan sekarat saat bertarung melawan pasukan pemberontak yang dipimpin oleh Sir Mordred. Sebelum Gawain mati, ia mengirimi Lancelot sebuah surat permintaan maaf dan memintanya agar datang membantu pasukan King Arthur untuk mengalahkan Sir Mordred namun hingga perang Camlann berakhir, Lancelot tak kunjung datang.

Baca juga: Fakta Menarik Plague Doctor, Dokter Bertopeng Paruh Pada Abad ke-14

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.