USS Iowa, Sang Behemoth Dari Angkatan Laut Amerika Serikat

oleh -1.091 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada Perang Dunia ke-2, negara-negara yang terlibat berlomba-lomba untuk membangun sistem senjata dan berteknologi mutakhir. Seiring berjalannya perang, persenjataan didesain menjadi lebih besar, lebih berat, lebih kuat, dan tentu saja lebih mematikan. Agar dapat bersaing dengan musuh-musuh yang akan dihadapi. Angkatan Laut Amerika Serikat membangun kapal perang terbesar dengan persenjataan, teknologi dan sistem radar yang tidak ada tandingannya saat itu, yaitu USS Iowa. (Zhorif)

USS Iowa adalah kapal perang tipe Fast Battleship dari Amerika Serikat dengan nomor seri BB-61. Dengan moto “Our Liberties We Prize, Our Right We Will Maintain,” Kapal perang ini adalah Lead Ship dari kelas Iowa-Class Battleship. Kapal ini selesai dibangun dan diluncurkan pada tanggal 27 Agustus 1942, dengan John L. McCrea sebagai kaptennya.

Baca juga: 100 Lebih Kru Kapal USS Theodore Roosevelt Terinfeksi Virus Corona

Spesifikasi

USS Iowa memiliki panjang 270 meter dan lebar 108 meter. Dengan berat 45.000 ton, kelas kapal ini memiliki pembangkit tenaga terkuat diantara Battleship lainnya. Ditenagai oleh 4 mesin turbin dan 8 Boiler Superheat bertungku ganda, sehingga menghasilkan tenaga sebesar 212.000 tenaga kuda. Kapal berkecepatan maksimal 70 kilometer/jam ini memiliki 3 Turret utama, dengan 3 meriam Mark 7 berkaliber 16 inci disetiap Turretnya.

Peran Dalam Perang

Dengan sebutan “The Big Stick“, kapal perang ini memiliki peran penting dalam Teater Pasifik. Walaupun peran Battleship sebagai kapal perang utama telah digantikan oleh kapal induk, USS Iowa membuktikan bahwa¬†Battleship masih memiliki peran yang signifikan dalam perang. Dengan Anti Air Artillery yang terbaik pada masanya, Battleship ini berperan melindungi kapal induk dan armadanya dari serangan pesawat musuh. Tidak hanya itu, USS Iowa juga ikut berperan dalam membombardir pulau yang diduduki Jepang untuk melemahkan musuh.

Tidak hanya terlibat dalam Teater Pasifik, USS Iowa juga memiliki peran selama Perang Korea berlangsung. Setelah Battleship ini di-modernisasi dengan teknologi terbaru dan William R. Smedberg sebagai kapten, USS Iowa berlayar menuju perairan Korea. Dalam perang ini,¬†Battleship yang sekarang berjulukan “The Grey Ghost” ini membombardir berbagai fasilitas militer Korea Utara. Mulai dari markas divisi musuh di Kojo, sampai gudang persenjataan dan stasiun kereta api di pelabuhan Wonsan.

Penonaktifan

Setelah kurang lebih 48 tahun mengabdi pada Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Iowa dipensiunkan pada tanggal 26 Oktober 1990. Dan pada 7 Juli 2012, Battleship ini dijadikan museum secara permanen di dermaga Berth 87, pelabuhan San Pedro, Los Angeles, Amerika Serikat. Selama pelayanannya, Lead Ship dari kelas Iowa-Class Battleship ini telah mendapatkan 9 Battle Stars selama WWII, 2 selama Perang Korea, dan penghargaan-penghargaan lainnya. Seperti Asiatic-Pacific Campaign Medal, United Nations Korea Medal, South Korean Presidential Unit Citation, World War II Victory Medal, dan masih banyak lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.