3 Fenomena Astronomi Bulan Mei 2020 Jangan Sampai Lewatkan

oleh -453 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tidak terasa sudah memasuki bulan Mei, di tengah pandemi ini banyak hal terjadi. Mari kita lupakan sejenak mengenai pandemi corono beralih pada fenomena langit temani hari mu di rumah ajah. Sebaiknya kamu catet terlebih dahulu agar tidak ketinggalan fenomena menarik di bulan Mei ini. Fenomena apa saja di bulan Mei tersebut? Apakah kita bisa melihatnya dengan mata telanjang?, berikut list fenomenanya. (seno)

Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut akan ada tiga fenomena astronomi di bulan Mei 2020.

Fenomena astronomi ini bisa diamati dengan mata telanjang maupun menggunakan teleskop di tempat terbuka dan gelap.

1. Hujan Meteor Eta Aquarids

Hujan meteor Eta Aquarids adalah hujan meteor dengan intensitas di atas rata-rata, yang mampu menghasilkan hingga 60 meteor per jam pada saat puncaknya. Sebagian besar aktivitas terlihat di belahan Bumi selatan. Hujan Meteor ini berlangsunga 6 Mei 2020

Di Belahan Bumi utara, angka ini dapat mencapai sekitar 30 meteor per jam. Ini diproduksi oleh partikel debu yang ditinggalkan oleh komet Halley, yang telah dikenal dan diamati sejak zaman kuno.

2. Supermoon

Supermoon adalah bulan purnama berada di posisi sangat terdekat dengan Bumi. Supermoon terakhir perigean kali ini akan terjadi pada tanggal 7 Mei mendatang. Kamu harus menyiapkan diri.

Marufin menyebutkan bahwa bulan purnama perigean ini adalah yang terakhir pada tahun 2020. Adapun puncak dari bulan purnama perigean ini akan terjadi pada pukul 18.00 WIB, sehingga mudah disaksikan dari Indonesia bagian timur dan tengah.

3 Bulan Baru

Bulan akan terletak di sisi Bumi yang sama dengan Matahari dan tidak akan terlihat di langit malam. Fase ini terjadi pada tanggal 22 Mei pukul 00:39 UTC jika dikalkulasi terjadi Indonesia pada pukul 07.39 WIB.

Ini adalah waktu terbaik dalam sebulan untuk mengamati benda-benda redup seperti galaksi dan gugusan bintang karena tidak ada cahaya Bulan yang mengganggu.

Baca juga: Asteroid 1998 OR2 Dekati Bumi Hari Ini Tidak Ada Ancaman Langsung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.