4 Olahraga Ringan Saat Berpuasa

oleh -198 views
Source by alodokter.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Saat berpuasa, mengatur kadar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sana tidak cukup. Kita harus melakukan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat.

Pada dasarnya, ketika kita berolahraga, tubuh akan membakar karbohidrat untuk menghasilkan energi. Tetapi jika kita sedang berpuasa, tidak ada pasokan karbohidrat. maka tubuh akan membakar sumber energi lain termasuk lemak untuk menghasilkan energi.

Tapi perlu kalian ingat bahwa tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan ketika sedang berpuasa. Melakukan olahraga berat justru mempercepat pembakaran energi, yang berpotensi membuat kelelahan sepanjang hari bahkan dehidrasi. Berikut adalah olahraga ringan yang bisa kalian lakukan saat sedang berpuasa. (Kayla)

1. Yoga

Source by alodokter.com

Yang pertama adalah Yoga. Jenis olahraga ringan yang satu ini mempunyai seribu satu manfaat. Meskipun olahraga yang satu ini termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan santai, tapi sangat mampu membakar lemak pada tubuhmu, sob. Gerakannya pun bisa disesuaikan sesuai kapasitas masing-masing individu.

Sudah banyak yang menjadikan olahraga ini sebagai treatment khusus untuk memulihkan masalah-masalah kondisi kesehatan tertentu, terutama orang-orang dengan masalah tulang belakang.

2. Jalan Cepat

Jalan cepat bisa menjadi pilihan olahraga ringan kedua yang bisa dilakukan selama berpuasa. sobat bisa berolahraga jalan cepat ini dimana saja, dan kapan saja. Cukup melakukan ini selama 30 menit, bisa membantu kita untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa.

Lebih baik lakukan olahraga jalan cepat ini saat menjelang berbuka sembari menunggu adzan berkumandang, ya.

Baca Juga: Inilah Penyebab Tubuh Lemas Saat Bangun Tidur

3. Jogging ringan

Source by tempat.com

Jogging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Sobat bisa melakukan jogging beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari dan/atau saat sore menjelang waktu berbuka.

Melakukan jogging ringan di pagi hari selama 20-30 menit bisa menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa dan memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur.

4. Bersepeda

Source by doktersehat.com

Berolahraga menggunakan sepeda bisa menjadi alternatif yang bisa kamu lakukan saat berpuasa. Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah subuh, dengan jenis sepeda statis ataupun dinamis.

Jika kamu melakukan aktivitas bersepeda ini sampai sekitar 45 menit, maka kebugaran tubuh akan terjaga. Bersepeda selama kurang lebih 45 menit dapat membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.