4 Penyebab Flek Hitam Pada Wajah 

oleh -411 views
source by 99.co

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memiliki masalah pada kulit wajah akan mengganggu keseharianmu, bukan? Karena, kepercayaan diri kalian akan berkurang dan jadi tidak nyaman menjalani hari. Ada banyak jenis masalah kulit wajah yang sering muncul seperti komedo, berjerawat, sampai timbul flek hitam pada permukaan kulit.

Flek hitam merupakan bintik hitam atau kecokelatan pada wajah yang dapat terjadi pada siapa saja. Masalah ini disebabkan karena produksi melanin yang berlebihan. Melanin sendiri adalah zat yang mengatur pigmen kulit. Flek hitam memang tidak berbahaya, namun cukup mengganggu penampilan sehingga banyak orang yang berusaha menghilangkan nya.

Nah, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan produksi melanin pada kulit meningkat hingga timbul flek hitam. Apa saja, ya? Yuk, simak lebih lanjut! (Kayla)

1. Sering memencet jerawat

Mungkin tak sedikit dari kalian yang pernah melakukan hal ini. Ya, salah satu penyebab bintik hitam adalah jerawat. Hal ini biasanya terjadi pada jerawat yang sengaja dipecahkan sebelum matang atau jerawat yang meradang. Akhirnya, jerawat justru akan menjadi luka dan meninggalkan bekas berupa flek hitam.

2.Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari

Melanin berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Saat kulit terus-menerus terpapar sinar matahari secara langsung, sel melanosit akan memproduksi melanin makin banyak sebagai upaya untuk melindungi kulit. Namun, hal ini justru dapat menimbulkan bintik hitam pada wajah.

Oleh karena itu, tabir surya atau sunscreen sangatlah penting untuk digunakan saat beraktivitas di luar ruangan agar kulit terlindung dari sinar UVA dan UVB, sehingga produksi melanin pada kulit pun tidak meningkat.

3. Kurangnya vitamin dalam tubuh

Selain karena terpapar sinar matahari, penyebab flek hitam pada kulit wajahmu adalah karena kurangnya asupan vitamin pada kulit. Vitamin memiliki peran penting pada kesehatan dan tingkat kecerahan kulit wajah. Jadi, pastikan kalian mencukupi kebutuhan vitamin B12, K, dan E agar kulit selalu terjaga sekaligus mencegah kemunculan noda hitam.

Vitamin yang sangat berperan penting dalam melindungi kulit akibat paparan sinar matahari adalah vitamin E. Jika kekurangan asupan vitamin ini, maka akan meningkatkan risiko terkena flek hitam dan kerutan pada kulit. Di sisi lain, vitamin berperan penting dalam proses penyembuhan bekas luka, flek, dan iritasi kulit adalah vitamin K.

Jadi, usahakan kalian tidak kekurangan vitamin ini, karena salah satu akibatnya adalah akan memperlambat proses penyembuhan kulit dari flek hitam.

4. Faktor usia

Flek ini umumnya dialami oleh seseorang yang menginjak usia 40 tahun ke atas. Dengan bertambahnya usia, biasanya regenerasi sel kulit baru akan lebih lambat. jika ini terjadi, maka timbul bercak-bercak coklat atau bahkan hitam pada kulit wajah.

Baca juga : Beberapa Cara Ini Ampun Untuk Mengencangkan Wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *