5 Alasan Pentingnya Makan Kuning Telur

oleh -131 views
Source by Hellosehat
Source by Alodokter

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ada banyak manfaat kuning telur bagi kesehatan. Beragam manfaat ini adalah berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Meski begitu, bagian telur ini sering kali dianggap sebagai penyebab tingginya kolesterol, jadi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. (Fajar)

Walaupun di dalam kuning telur terdapat kandungan kolesterol dan kalori cukup banyak, tetapi bagian ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kalian lho. Yuk simak penjelasannya lebih lanjut!

1. Baik untuk tulang dan gigi

Kuning telur juga bermanfaat untuk tulang dan gigi. Bagian telur ini merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, serta membantu penyerapan kalsium. Kandungan vitamin D pada bagian telur ini dapat membantu menjaga kesehatan dan memperkuat tulang dan gigi.

2. Memelihara kesehatan kulit

Kuning telur berpotensi untuk kesehatan kulit sehingga banyak digunakan dalam kecantikan dalam bentuk masker wajah.
Kuning telur mengandung biotin, folat, serta vitamin A dan E.

Nutrisi tersebut telah dihubungkan dengan kesehatan rambut, seperti membantu bagian tubuh ini senantiasa kuat dan resisten terhadap kerusakan. Selain itu, turut dalam mendorong rambut tumbuh lebih cepat.

Baca juga : Inilah Manfaat Yang Tersembunyi Dari Kuaci 

3. Baik untuk kesehatan mata

Selain itu, bagian ini juga baik untuk mata. Bagian telur ini kaya akan kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis nutrisi tersebut memiliki khasiat dapat membantu mencegah penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Selain itu, karotenoid yang ada di dalamnya juga bertindak sebagai antioksidan di mata, yang membuatnya dapat melindungi diri dari radikal bebas yang dapat merusak bagian-bagian pada retina. Jika retina rusak, kemampuan mata untuk benar-benar memfokuskan cahaya akan terganggu.

4. Menjaga kesehatan sistem jantung dan darah

Kuning telur dapat mengendalikan tekanan darah agar senantiasa normal. Selain itu juga dapat membantu produksi darah tetap normal, serta turut menjaga komposisinya, seperti kadar zat besi dan faktor pembekuan darah.

5. Mengurangi risiko cacat tabung saraf

Kuning telur mengandung kolin dan folat yang cukup tinggi. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin dan memastikan otak janin dapat berkembang dengan baik. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa kolin dan folat dapat mengurangi kekambuhan gejala asma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *