5 Chassis Bus Terbaik di Indonesia

oleh -3.161 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Chassis bus adalah rangka utama yang menjadi wadah bodi bus. Spesifikasi setiap chassis bus berbeda-beda, tergantung dari merek dan fitur yang diberikan. Setiap merek memiliki keunggulan masing-masing, seperti Scania dengan Opticruise Transmission dan Volvo dengan I-Shift. Berikut adalah 5 chassis bus terbaik di Indonesia versi Zetizen Radar Cirebon. (Zhorif)

Mercedes Benz OH 1836 RS

Mercedes Benz OH 1836 RS adalah sasis bus premium bertenaga kuda 360 HP dengan berat kotor 18 ton. Sasis bus ini memiliki banyak fitur yang membuatnya lebih unggul dibandingkan sasis bus biasa. Dengan torsi maksimal 1.600 Nm, bus dengan sasis ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal kurang lebih 120 km/jam, tergantung berat total bus. Sasis ini juga dilengkapi dengan built-in air suspension dan retarder.

Scania K-360 iB

Sama seperti sasis bus Mercedes Benz OH 1836 RS, sasis bus ini bertenaga kuda 360 HP. Sasis asal Swedia ini bermesin Turbo-charged DC13 108 EURO 3 bertorsi maksimal 750 Nm. Sasis ini dilengkapi teknologi Opticruise Transmission, sistem transmisi semi-automatic yang menjadi unggulan dalam produk-produk Scania. Sama seperti sasis saingannya, sasis ini juga dilengkapi dengan built-in air suspension dan retarder.

Baca juga: Daftar Mobil Mewah yang Dimiliki Polisi Dubai

Mercedes Benz OC 500 RF 2542

Sasis berikutnya kembali datang dari Mercedes Benz dengan sasis OC 500 RF 2542. Sasis ini memiliki mesin OM 457 LA 6-Silinder Euro 3 dengan Turbo Charger dan Intercooler, sehingga menghasilkan 420 tenaga kuda. Sasis ber-axle 6×2 ini dilengkapi dengan sistem retarder yang digerakkan secara elektro-hidrolik. Sasis ini dilengkapi dengan fitur keselamatan Electronic Braking System, Anti-lock Braking System, dan Electronic Stability Program.

Scania K-410 iB

Sasis ini merupakan sasis unggulan Scania di Indonesia. Sasis bertenaga kuda 410 HP ini bermesin DC13 107 K01 6-silinder Euro 3, dengan Turbo Charger dan Intercooler. Dilengkapi dengan teknologi Opticruise Transmission, sasis ber-axle 6×2 ini memiliki Gearbox GRS895R dengan sistem retarder hidrolik R3500. Sasis ini juga dilengkapi fitur Electronic Braking System dan Air Processing System.

Baca juga: Supercar Tercepat di Dunia yang Perlu Kamu Ketahui

Volvo B11R

Sasis bus Volvo B11R ini merupakan saingan dari sasis bus Scania K-410 iB. Ditenagai oleh mesin diesel turbo D11C ber-Intercooler, bus dengan sasis ini dapat menghasilkan tenaga 430 HP. Jika Scania memiliki teknologi transmisi Opticruise, maka Volvo memiliki teknologi I-Shift untuk sistem transmisinya. Untuk keselamatan, sasis ini dilengkapi fitur Collision Warning dan Anti Slip Regulation.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *