5 Makanan Unik Khas Papua, Berani Coba?

oleh -598 views
Source by kumparan.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Papua, pulau di bagian timur Indonesia ini merupakan tempat dengan kekayaan alam berlimpah. Papua memiliki daya tarik, keeksotisan budaya dan pemandangannya yang tak kalah menakjubkannya dari spot wisata lain.

Kehidupan di Papua masih sangat bergantung dengan alam, sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan hasil bumi untuk dijadikan sebagai olahan makanan sehari-hari.

Jika berbicara tentang makanan khas Papua, pasti masih banyak orang yang belum mengenal banyak makanan dari daerah ujung timur Indonesia ini.

Padahal, banyak sekali makanan khas Papua yang sangat unik dan nikmat yang wajib kalian ketahui dan coba. Nah, berikut adalah 5 makanan unik khas Papua yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana. (Kayla)

1. Papeda

Kuliner khas Papua yang pertama adalah papeda. Papeda merupakan makanan pokok yang sering dikonsumsi masyarakat papua.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar sagu yang diolah menjadi seperti bubur kental, berwarna putih, dan bertekstur lengket mirip seperti lem namun dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang sehat karena kaya serat dan rendah kolesterol.

Di berbagai wilayah di Papua, sagu merupakan bahan dasar dalam berbagai makanan sebagai pengganti nasi. Masyarakat setempat biasa menyajikan papeda bersama dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit.

2. Ulat Sagu

Source ny idntimes.com

Siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini. Ulat sagu khas Papua ini sudah lumayan familiar di telinga kita, bukan?

Ulat sagu dijadikan makanan khas Papua yang sering dikonsumsi oleh masyarakat setempat sebagai lauk. Hewan ini biasa dimakan langsung atau hidup-hidup, atau dimasak terlebih dahulu seperti dibuat tumis, disayur, digoreng dan dijadikan sate.

Namun seiring berkembangnya jaman, masyarakat Papua biasa mengolah ulat sagu ini menjadi sate ulat sagu.

Untuk membuat sate dari ulat sagu ini sama saja dengan membuat sate pada umumnya, sob. Yaitu di tusuk-tusuk dengan tusuk sate dan di panggang di atas bara api.

Ulat sagu juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, lho. Diantaranya adalah memiliki kandungan asam oleat, omega 3, omega 6, omega 9 dan protein.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *